Bank Indonesia Kembali Gelar Gerakan BBI dan KKI

KBRN, Pontianak : Keseriusan Bank Indonesia dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi Kalimantan Barat yang terkontraksi 1,82% (yoy) di tahun 2020 sebagai dampak pandemi Covid-19 kembali menggelar gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBK) dan Karya Kreatif Indonesia (KKI) Kalimantan Barat Seri I tahun 2021 yang  dipusatkan di Gedung Dekranasda Kota Pontianak selama tiga hari mulai 3-5 Maret 2021. Kegiatan yang sama sukses dilaksanakan pada 2020 ini bersamaan dengan ditunjuknya Bank Indonesa sebagai Movement Manager di bulan Maret 2021 dan merupakan bentuk sinergi bersama dengan Pemerintah Kota Pontianak c.q Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Pontianak dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pontianak.

“Kegiatan ini merupakan event penyelenggaraan ketiga setelah di tahun sebelumnya event yang sama digelar di Kantor Gubernur Kalimantan Barat dan Kabupaten Kubu Raya”, jelas Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Agus Chusaini saat menyaksikan Pembukaan KKI 2021 bersama Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan, Junaidi di Dekranasda Kota Pontianak, Rabu (3/3/2021)

Gernas BBI dan KKI Kalimantan Barat seri 1 tahun 2021 ini dirangkai dengan pameran produk UMKM secara terbatas yang terdiri dari produk industri kreatif tenun, produk olahan makan serta kopi.  Selain itu rangkaian kegiatan juga akan diisi berbagai pelatihan antara lain Pelatihan pemanfaatan aplikasi Sistem Informasi Pencatatan Transaksi Keuangan (SIAPIK) yang dikembangkan oleh Bank Indonesia untuk Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat.

“Langkah ini untuk  mendukung penguatan kelembagaan keuangan UMKM dalam rangka meningkatkan akses ke lembaga keuangan formal”, ujar Agus.

Pelatihan sertifikasi produk halal bekerjasama dengan BPJH Kantor Kementerian Agama juga akan dilaksanakan untuk memperluas jangkauan pasar produk UMKM Kalimantan Barat.

Agus Chusaini lebih lanjut menjelaskan bahwa Gernas BBI merupakan program yang dicanangkan Presiden Joko Widodo tanggal 14 Mei 2020 dan bertujuan untuk Mengakselerasi perputaran siklus perekonomian melalui perbaikan daya beli masyarakat dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Mendorong transformasi digital UMKM melalui onboarding, penguatan kelembagaan, kurasi serta penggunaan sistem pembayaran dan transaksi digital (e-commerce) serta memperkuat Nation Branding produk unggulan di daerah melalui penciptaan industri pendukung ekspor.

 Berbagai pencapaian dan prestasi telah ditorehkan dalam gelaran Gernas BBI secara nasional di tahun 2020 antar lain : Pencapaian on boarding UMKM Digital sebanyak 3,7Juta UMKM dari yang ditargetkan sebanyak 2 Juta UMKM (85% lebih tinggi dari target) serta Peningkatan artisan UMKM mencapai 11,7juta.

Dalam pelaksanaan Gernas BBI di tahun 2021 ditargetkan terjadi peningkatan nilai (value creation) bagi produsen UMKM dan konsumen dalam memiliki produk berkualitas serta peningkatan target yakni:

1. Jumlah UMKM onboarding sebanyak 30 Juta UMKM sd 2023.

2. Jumlah artisan UMKM dari 11,7 juta UMKM menjadi 30 Juta UMKM

3. Permintaan terhadap produk ekonomi kreatif buatan artisan Indonesia melalui peningkatan konsumsi pemerintah terhadap produk UMKM

4. Peningkatan peran aktif Pemerintah Daerah, Top Brands dan Media Massa.

Selain itu, melalui Gernas BBI dan KKI Kalimantan Barat seri 1 tahun 2021, Bank Indonesia juga mendorong percepatan transformasi ekonomi digital bagi pelaku UMKM melalui perluasan implementasi transaksi pembayaran berbasis Quick Response Indonesia Standard (QRIS) dengan target perluasan 12juta merchant QRIS di tahun 2021. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat Jl. Jend. Ahmad Yani No.2 Pontianak 78124 Telp. (0561) 732033, Fax. (0561) 734134 Masyarakat dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan mengunjungi pameran produk Karya Kreatif Indonesia secara virtual melalui website https://karyakreatifindonesia.co.id. (Hermanta).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00