UniQlo Beri Peluang UKM Corner, Dekranasda Kubu Raya Perkuat Produk UKM Lokal

KBRN, Kubu Raya : Dewan Kerajianan Nasioanal Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) boleh berbangga dan bahagia, pasalnya sejumlah hasil kerajinan UMKM masyarakat Kubu Raya kini mendapatkan tempat di outlet UniQlo Gaia Bumi Raya City.

Ketua Dekransda Kubu Raya Rosalina Muda merasa bangga dan bahagia, karena sejumlah produk kerajinan UMKM masyarakat Kubu Raya ditampilkan di outlet Uniqlo yang merupakan satu diantara ratusan outlet yang ada di Bumi Raya City yang banyak disenangi pengunjung, terutama anak-anak muda. 

"Adanya UKM Corner di outlet UniQlo ini tentunya pengunjung bisa melihat langsung kerajinan UMKM masyarakat Kubu Raya yang bisa mereka pakai pada kegiatan tertentu yang dipajang di sini", kata Ketua Dekransda Kubu Raya Rosalina Muda saat menghadiri pembukaan outlet UniQlo di Gaia Bumi Raya City, Jum'at (22/1/2021).

Ketua TP PKK Kabupaten Kubu Raya ini menjelaskan, pada saat dibukanya outlet UniQlo ini, Dekranasda Kubu Raya sudah disurati pihak managmen untuk memperlihatkan kerajianan UMKM masyarakat Kubu Raya yang ada di Dekranasda. 

"Dari sekian banyak produk UMKM yang kita miliki, pihak managmen yang memilih sendiri produknya sesuai standar yang telah mereka tetapkan mana yang akan dipajangkan di oulet UniQlo. Alhamdulillah, hampir semua yang dipajang disini semuanya merupakan produk UMKM Kubu Raya ", ujarnya. 

Rosalina mengucapkan terima kasih kepada pihak managmen Gaia Bumi Raya City dan outlet Uniqlo yang menampung produk-produk UMKM Kubu Raya. Kedepannya Dekransda Kubu Raya akan memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM agar bisa memasifkan produk-produknya. 

"Apalagi produk UMKM Kubu Raya yang dipajang di sini juga ditampilkan penjelasan bahan pembuatannya dan dicantumkan kode barcode pembuatnya sehingga pengunjung bisa memesan langsung ke penjualnya", ucapnya. 

Bunda PAUD Kubu Raya itu berharap, kedepannya semakin banyak pengrajin Kubu Raya yang termotivasi untuk menciptakan produk UMKM yang baru. Sehingga para pengrajin ini bisa menghasilkan finishing yang sesuai dengan selera pasar dan model kekinian. 

"Bahkan bahan yang biasanya untuk membuat bakul juga sudah dipajangkan di sini yang dibuat menjadi tas selempang. Memang kebijakan kita untuk memasifkan produk bakul ini dari bahan yang sederhana. Sehingga dari sekian banyak produk kerajinan UMKM yang dibuat untuk bakul ini membuat para pengrajin akan terbiasa dan pada akhirnya akan menghasilkan produk yang lebih halus, rapi dan enak untuk digunakan sehari-hari", jelasnya. 

Rosalina bersyukur dengan dibukanya Gaia Bumi Raya City yang merupakan mall terbesar di Kalimantan Barat tentunya memberikan potensi bagi daerah ini, khususnya wisata. dan mall ini juga menjadi bagian dari tempat wisata untuk menjadi pilihan rekreasi masyarakat Kubu Raya. 

"Selain itu, dengan dibukanya mall ini akan menyerap tenaga kerja lokal yang banyak, sehingga mampu mengurangi angka pengangguran di Kabupaten termuda di kalbar itu. Kita juga berharap agar dari pihak managmen bisa mengutamakan anak daerah untuk bekerja di sini", harapnya. 

Ungkapan syukur juga disampaikan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kubu Raya Norasari Arani. Dirinya juga merasa bangga dan senang produk UMKM Kubu Raya bisa bisa dipromosikan di gerai UniQlo Gaia Bumi Raya City.

"Karena Uniqlo ini memiliki jaringan yang luas di seluruh Indonesia dan Internasional. Kita berharap pelaku UMKM semakin bersemangat memperbaiki kualitas dan memperbanyak produksinya karena sudah ada pasarnya", katanya saat mendampingi Ketua Dekransda Kubu Raya Rosalina Muda menghadiri pembukaan gerai Uniqlo di Gaia Bumi Raya City.

Nora menjelaskan, dengan adanya pasar yang jelas, tentu produksi kerajianan tangan seperti tas, dompet dan lain sebagainya bisa menjadi sektor yang bisa menambah perekonomian keluarga.

"Kita akan memasifkan produk UMKM ini dan kita akan berikan pelatihan bagi pelaku UMKM terutama terhadap finishing produk dan mendukung akses permodalan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Saat ini kan sudah ada KUR super mikro yang dapat diakses langsung oleh UMKM", ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bimiraya Ritel Indonesia Tan Ying Mei mengapresiasi hasil produk UMKM masyarakat Kubu Raya, tentunya hal ini akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat di daerah ini. 

"Makanya hari ini kita undang langsung ibu Ketua Dekranasda dan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kubu Raya agar ibu Bupati juga bisa menjadi sejarah dibukanya gerai Uniqlo ini. Selain itu pihak managmen juga sudah memberikan tempat untuk memajangkan produk UMKM warga Kubu Raya ", ujarnya. 

Ditanya terkait hasil kerajianan tangan UMKM Kubu Raya, Tan Ying Mei akan mensupport hasil produk UMKM warga Kubu Raya dan ini tentunya merupakan produk baru yang masuk di gerai Uniqlo ini. Dan pihaknya akan memberikan kesempatan lebih banyak bagi pelaku UMKM lainnya untuk menampilkan karyanay di sini dan ini juga merupakan bentuk komitmen pihak managmen untuk membantu pemilihan ekonomi keluarga. 

" Kalau kita lihat, gerai Uniqlo ini kan didominasi pakaian, namun dengan dipamerkannya produk UMKM Kubu Raya ini akan menjadi daya tarik pengunjung untuk masuk dan melihat langsung produk ini dan ini menjadi hal yang baru terjadi, yang mana produk lokal bisa bersaing dengan produk buatan jepang", ucapnya kagum.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00