Harapkan Lounching QRIS 1000 UMKM Kubu Raya, Pacu Peningkatan Pembayaran Non Tunai

KBRN, Pontianak: Kick Off Peluncuran Program Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai sarana Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Go Digital bagi 1000 UMKM di Kuburaya diharapkan dapat meningkatkan penerapan Pembayaran Non-Tunai bagi para pelaku UMKM di Kuburaya.

Apalagi, di masa Pandemi Covid 19, pembayaran Non Tunai merupakan langkah  yang sangat baik dan tepat dalam mencegah penyebaran virus Covid 19 yang lebih luas melalui media uang tunai.

“Penerapan pembayaran non tunai melalui QRIS ini memberikan berbagai manfaat, selain mudah, murah, cepat, juga handal.  Selain itu, sistem pembayaran non tunai melalui program QRIS ini tidak mesti digunakan dalam berbagai platform, namun sebaliknya diberbagai platform bisa menggunakan satu QRIS yang sama,”ungkap Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat Jeffri Pakpahan Selasa (23/11) di sela-sela Peluncuran Kick Off QRIS 1000 UMKM Kubu Raya di Qubu Resort Kabupaten Kubu Raya.

Jeffri Pakpahan menuturkan, melalui sistem pembayaran secara digital, setiap transaksi yang dilakukan oleh para pelaku UMKM dapat tercatat. Dengan demikian, pihak UMKM sendiri akan semakin mudah mengajukan pembiayaan melalui lembaga keuangan, karena trek rekod transaksi bisa dipantau dan menjadi pertimbangan kelayakan kucuran pinjaman.

“Dengan catatan-catatan itu, mereka bisa mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan  jadi lebih mudah. Karena, bisa dilihat dari trek rekod transaksi mereka, kelayakan mendapat pinjaman dilihat dari historis transaksi yang dilakukan,”imbuhnya.

Lebih lanjut, Jeffri mengutarakan, sejak diluncurkan pada 2019 lalu, program QRIS antusias dan respon masyarakat sangat baik. Hal itu dilihat dari pergerakan penambahan jumlah baik dari segi merchant yang terdaftar juga masyarakat pengguna, secara otomatis transaksi juga meningkat.

Untuk dapat menggunakan QRIS ini sendiri dikatakan Jeffri tidak lah sulit dan gratis serta proses cepat. Pelaku cukup mendaftarkan diri dengan menyertakan identitas diri kepada Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang ditunjuk.

“Ada bank dan juga non-bank, mudah, proses cepat bisa  langsung digunakan dapat kode bisa transaksi. Bahkan, di acara ini peluncuran QRIS 1000 UMKM Kubu Raya ini, kita sediakan 6 PJSP yang bekerjasama. Mereka bisa langsung daftar,”tuntasnya.

Acara ini merupakan Kickoff Program pemasangan QRIS sebagai sarana UMKM Go Digital yang akan dilakukan di 1000 UMKM Kabupaten Kubu Raya. Pemasangan QRIS akan dilakukan di 1000 UMKM Kabupaten Kubu Raya denpan melibatkan beberapa PJSP yanp rekeningnya telah dimiliki oleh pelaku UMKM yakni BRI, Mandiri, BNI, BCA, serta melibatkan LinkAja dan ShopeePay.

Adapun stakeholders yang akan terlibat langsung dalam implementasi QRIS di 1000 UMKM Kubu Raya yakni Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian Kubu Raya, dan PJSP terpilih.

Dalam rangka mendukung UMKM untuk tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19 melalui pemanfaatan platform digital, Bank Indonesia juga memberikan fasilitasi kepada UMKM berupa pelatihan yang akan dikemas secara offline di lokasi acara maupun online agar dapat tetap diakses oleh UMKM yang berada di rumah. Terdapat beberapa pelatihan yang akan diberikan yakni:

UMKM Go Digital: Pemanfaatan Digital Platform dan Digital Payment Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM yang akan disampaikan oleh Shopee dan ShopeePay; Sosialisasi terkait produk ekspedisi yang mampu mendukung UMKM dalam melakukan penjualan ke luar daerah yakni KirimAja dari Garuda Indonesia; Serta pelatihan foto produk UMKM yang akan dipandu secara langsung oleh LeiCap Photography.

Melalui pelatihan ini diharapkan UMKM dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas terutama untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19. Bank Indonesia sangat berharap program ini dapat mendorong UMKM untuk mampu beradaptasi terhadap era digital terutama dalam hal penggunaan digital payment melalui pemanfaatan QRIS salah satunya untuk melakukan transaksi penjualan. (SS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00