Ajak Istri dan Jajaran PNS ke Transmart, Bupati Muda Pastikan ke Warga Tak Perlu Takut dan Panik Karena Aman Covid-19

KBRN, Kubu Raya : Pasca terkonfirmasinya 16 pekerja bangunan Bumi Raya Land Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) yang dinyatakan positif Covid-19 beberapa waktu lalu, berdampak menurunnya angka kunjungan warga ke Transmart Kubu Raya yang berada tepat di depan proyek pembangunan Bumi Raya Land dalam beberapa hari terakhir. Untuk memastikan Transmart aman dari Covid-19, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan bersama istri Rosalina dan Sekretaris Daerah Kubu Raya Yusran Anizam mengajak Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) berbelanja ke Mall terbesar di Kabupaten termuda di Kalbar itu.

Kedatangan Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan beserta rombongan ke Transmart, membuat karyawan yang bekerja di kawasan Mall terbesar di Kabupaten ke 12 di Kalbar itu kaget, karena sejumlah karyawan mengira, kedatangan Bupati dan rombongan untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak). Namun setelah Bupati Muda menyampaikan kedatangannya bersama rombongan hanya untuk berbelanja, puluhan raut wajah karyawan Transmart inipun spontan berubah, yang awalnya kecut dan tegang menjadi penuh dengan senyum dan tawa. Momen yang sangat jarang terjadi di masa pendemi inipun dimanfaatkan puluhan karyawan transmart untuk mengabadikannya di ponsel masing-masing untuk berfhoto bersama orang nomor satu di Kubu Raya itu.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, kedatangannya bersama hampir semua Kepala OPD dan puluhan ASN di jajaran Pemkab Kubu Raya ke Transmart ini bermaksud untuk berbelanja dan memastikan Transmar tetap buka, aman dan baik serta semuanya tetap berjalan seperti biasa. Karena pasca ditetapkannya 16 pekerja proyek bangunan Bumi Raya Land yang dinyatakan positif Covid-19, pihak Transmart langsung melakukan pembersihan dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh bangunan dan etalase.   

“Kejadian positifnya 16 orang itu tidak terjadi di Transmart, namun merupakan pekerja proyek bangunan yang berada di belakang Transmart yaitu Bumi Raya Land. Jadi saya kira, bangunan ini memang terpisah lokasinya. Memang mungkin informasi yang beredar beberapa hari lalu itu merupakan mis informasi yang terjadi sehingga masyarakat menjadi panik. Untuk menghindari kepanikan warga inilah, saya bersama keluarga, Kepala OPD dan beberapa ASN Pemkab Kubu Raya untuk berbelanja dan memastikan, bahwa aktivitas di Transmart ini masih berjalan seperti biasa”, ungkap Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, SH saat berbelanja di Transmar bersama istri dan beberapa Kepala OPD, Kamis (30/7/2020) petang.

Bupati berharap, kondisi bisa cepat berakhir agar para pekerja di Transmart ini bisa dberdayakan, baik itu karyawan tetap maupun sales. Karena kondisi Covid-19 yang selama ini terjadi telah membuat ekonomi semakin turun, tentunya secara otomatis transaksi penjualan juga akan turut menurun, baik itu pakaian, konsumsi makanan, minuman, restoran dan lain sebagainya. Selain itu ketergantungan tenaga kerja di Transmart ini juga sangat banyak yang menjadi sales di masing-masing stand. Mudah-mudahan di masa pemulihan ekonomi saat ini harus dihadapi dengan era new normal life. Artinya, kita tetap waspada dan tidak lengah, tapi produktivisa juga harus lebih dikencangkan.

“Di era new normal ini, kita jangan sampai menjadikan sesuatu itu teror karena akan mengakibatkan imunitas tubuh kita juga akan menurun, yang akhirnya akan mudah terpapar. Kalau bisa, justru bagaimana kita semua mampu memetakan imunitas tubuh kita agar lebih kuat dengan ketenangan dan sesama keluarga bisa lebih banyak berupaya untuk menghidupkan suasana yang dinamis dan bahagia. Intinya kita tidak menganggap remeh dengan Covvid-19, tapi kita harus tetap produktif sehingga semuanya bisa lebih bergerak sehingga semuanya bisa menghidupkan ekonomi dan tatanan sosial di masyarakat tetap berjalan baik. Dengan kondisi yang dipastikan aman, saya ajak masyarakat untuk membawa keluarga dan kerabatnya ke Transmart Kubu Raya. Karena apa yang terjadi selama ini tidak ada korelasi langsung dengan pekerja bangunan yang positif Covid-19. Kerena pekerja bangunan itu terpisah dan mereka tidak pernah masuk ke Transmart, sebab kondisinya memang terpisah dengan pagar dan akses masuknya juga berbeda serta para pekerja bangunan ini memiliki mess tersendiri”, jelas Bupati.

Sementara itu Humas Transmart Kubu Raya Budi Pranoto mengapresiasi dan berterima kasih atas inisiatif yang berlian untuk berkunjung sekaligus berbelanja di Transmart Kubu Raya. Tentunya kedatangan Bupati Muda Mahendrawan beserta rombongan ini sebagai upaya untuk kembali mengangkat citra Transmart Kubu Raya sekaligus mengembalikan kepercayaan kepada masyarakat dalam menangkal isu-isu yang beredar dalam beberapa hari terakhir ini.

“Apa yang telah disampaikan Bupati Kubu Raya itu sudah sangat jelas, tinggal masyarakat sendiri yang melihatnya apa yang terjadi di Transmart. Saya hanya menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kalbar pada umumnya dan di Kubu Raya pada khususnya jangan takut untuk berkunjung ke Transmasrt Kubu Raya. Karena kita juga sudah komit untuk selalu mematuhi potokol kesehatan Covid-19”, ungkap Humas Transmart Kubu Raya Budi Pranoto.

Budi juga menyampaikan terima kasihnya kepada Bupati beserta rombongan yang sudi hadir ke Transmart Kubu Raya untuk meyakinkan kepada masyarakat kalau Transmar Kubu Raya sampai saat ini masih aman dari Covid-19.

“Memang sejak beredarnya informasi terkait adanya 16 orang yang dikira pekerja Transmart yang positif Covid-19, pihaknya di datangi Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar dan Kubu Raya dan Tim Satpol PP Kalbar dan Kubu Raya, kita langsung menidaklanjutinya dengan penyemprotan disinfektan dan pada waktu bersamaan itu juga kita juga langsung membuka kembali aktivitas di Transmart. Meski bukan karyawan kita yang positif Covid-19, tapi kita tetap melakukan upaya pencegahan”, jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00