Perkuat Ketahanan Pangan Melalui Cinta Produk Pangan Lokal Kalbar  

KBRN, Sambas : Menurut saya bentuk kecintaan kita semua masyarakat atau petani kalbar terhadap produk pangan lokal adalah apabila kita mampu mewujudkan sedikitnya tiga hal sbb,  pertama adalah meningkatkan diversifikasi keaneka ragaman pangan lokal,  kedua mau dan mampu memaksimalkan produksi aneka pangan lokal secara mandiri dan yg ketiga adalah mampu berkreasi dan berinovasi meningkatkan mutu dan kualitas aneka produk pangan lokal di Kal Bar. 

Aneka ragam mutu dan kualitas pangan lokal di daerah ini sebenarnya tidak kita ragukan lagi, banyak potensi pangan lokal selain beras,  jangung dan kedelai yg sudah terkenal dan terbukti mutu dan kualitasnya,  misalnya talas Kalbar dan komoditi lidah buaya,  akhir akhir ini juga produk olahan dari bahan durian lokal kakbar mulai di sukai oleh masyarakat nusantara bahkan mancanegara. Tinggal bagiamana kedepan kita olah lebih baik lagi kreatif dan inovatif dalam mengolah dan mengemas produk produk pangan lokal kalbar yg sangat potensi dan beraneka ragam.

Dinas Pertanian TPH Provinsi KalBar terus mengembangkan serta meningkatkan produksi dan diversifikasi penganeka ragaman komoditi pangan lokal di daerah ini. 

Selain dari pangan pokok beras  jagung  kedelai,  kita terus mengembangkan dan meningkatkan komoditi pangan lokal lainya yg sangat potensi, misalnya beras khusus KalBar beras hitam, beras merah dan beras nutri zinc,  singkong (ubi kayu), ubi jalar, talas, keribang, jahe, porang  dan komoditi umbi umbian lainnya, kemudian lidah buaya,  perenggi, pisang,  kacang-kacangan,  kacang hijau,  pepaya hawai dan pepaya california, jeruk dll. 

Dan ini akan terus kita gali dan kita kembangkan lagi komoditi komoditi pangan lokal didaerah ini khususnya komoditi umbi umbian melalui program Akabi (aneka kacang dan umbi umbian). 

Pengembangan aneka ragan produk dari komoditi pangan lokal tersebut mestinya juga dibarengi dengan upaya peningkatan pengolahan yg kreatif dan inovatif sehingga dapat meningkatkan nilai tambah dari produk pangan lokal tsb, dan yang akhirnya akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat tani/kelompok tani di daerah ini.

Kita Distan TPH Provinsi KalBar terus melakukan upaya pembinaan dan sosialisasi dalam meningkatkan partisipatif peran mayarakat khususnya masyarakat tani dan kelompok tani  utk terus dan dapat mengembakan potensi potensi komoditi pangan lokal ini secara mandiri,  terutama petani petani pemula atau kaum milenial agar dapat mengenal dan mencintai aneka ragam produk pangan lokal di daerah  ini.

Kualitas dan mutu produk pangan lokal kita di daerah kalbar ini tidak kalah dan cukup bersaing dengan produk produk pangan import yang ada didaerah ini.  Bahkan produk pangan lokal kita sangat alami dan organik serta mempunyai pangsa pasar yg bagus dan luas di nusantara ini. 

Harapan kita kedepan agar komoditi komoditi pangan lokal yg potensi ini bisa menjadi pangan alternatif yg dapat menjadi  kekuatan dalam mendukung ketahanan pangan kita di daerah Kalimntan Barat ini. (Hermanta/rri).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00