Bulog Kalbar Jamin Stok Beras aman Hingga Tiga Bulan Kedepan

KBRN, Pontianak : Bulog Divisi Regional Kalimantan Barat menyatakan stok beras yang ada digudang Bulog sekarang sebanyak 16.000 ton. Dengan ketersediaan beras yang ada sekarang mampu untuk memenuhi kebutuhan beras hingga enam bulan kedepan.

“Saya minta masyarakat tidak perlu cemas dan khawatir akan ada kelangkaan beras di Kalbar”, ujar Kepala Bulog Divre Kalimantan Barat, Bubun Subroto, Sabtu (4/3/2020).

 Bahkan untuk kegiatan Dinas Sosial bantuan pangan, khususnya beras dari system beras sejahtera (Ranstra) menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang disalurkan melalui warung dan kualitas berasnya lebih bagus yaitu beras premium dengan harga lebih tinggi.

“Di Gudang sekarang ini adalah beras medium, hendaknya ini adanya permintaan dari pemerintah provinsi untuk membantu masyarakat miskin dalam rangka dampak Covid-19 ini  mudah-mudahan bias mendukung kebutuhan pangan, khususnya beras di masyarakat Kalbar”, harap Bunbun Subroto.

Lebih lanjut Bunbun Subroto menjelaskan selama wabah Virus Corona ini, ada pengaruhnya dengan permintaan terhadap pangan yang dijual Bulog, khususnya beras yang mengalami peningkatan. Jika dilihat dari data Januari rata-rata 700 ton, Februari 800 ton dan Maret terjadi trend peningkatan hingga 1.100 ton.

Menurut Bunbun Subroto, para distributor sendiri stoknya terbatas akibat sulitnya mobilitas angkutan sehingga sangat dimungkinkn  berpengaruh juga terhadap ketersediaan beras di Kalbar.

Menyinggung   tentang bulan suci ramadan yang  tidak lama lagi akan tiba, Kabulog Devre Kalbar menyatakan, di luar Bulog juga ada komoditi komersial berupa daging beku dengan hara Rp80.000,00 per kilogram, disamping tepung terigu, minyak goreng dan minus gula pasir.

“Kami juga menjamin stok komoditi komersial berupa daging, tepung terigu dan minyak goreng jelang dan selama bulan Suci Ramadhan  aman”, pungkasnya. (Hermanta

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00