Saprahan Khatulistiwa 2022 Resmi Di Gelar

KBRN, Pontianak: Semarak Pariwisata, UMKM dan Keuangan Kalimantan Barat (Saprahan Khatulistiwa) 2022 sinergi antara Bank Indonesia dengan pemerintah daerah Senin (04/07/2022) di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat resmi digelar.

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol Open Ceremonny Saprahan Khatulistiwa 2022 oleh langsung Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat Agus Chusaini, serta disaksikan secara virtual Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandi Salahudin Uno.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menegaskan, ada keoptimisan Saprahan Khatulistiwa sebagai wadah promosi wisata, produk UMKM, dan keuangan di Kalbar yang diselenggarakan untuk kesekian kalinya ini, mampu memberikan dampak positif bagi pelaku usaha, wisata dan UMKM di Kalbar dan menjadi ikon tersendiri.

“Saya yakin Saprahan Khatulistiwa yang sudah dilaksanakan untuk kesekian kalinya ini akan menjadi ikon promosi produk destinasi wisata, UMKM serta keuangan di Kalimantan Barat,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung mengungkapkan, ada 3 hal utama Dalam rangka memaksimalkan dorongan sektor Pariwisata serta UMKM. Diantaranya, afirmasi keberpihakan pada produk dalam negeri termasuk produk UMKM dan wisata dalam negeri yang perlu dimaksimalkan, Sinergi dan kolaborasi, serta digitalisasi baik dalam perluasan pasar (onboarding), pengelolaan usaha, maupun dari aspek sistem pembayaran.

“Hal ini sangat gencar kami lakukan di Bank Indonesia..dan salah satunya telah kami wujudkan melalui capaian 14 juta merchant pada tahun 2021 yang telah didigitalisasi melalui implementasi QRIS, termasuk di dalamnya 98% merchant UMKM dan di daerah-daerah wisata,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Perwakilan Bank Indonsia Provinsi Kalimantan Barat Agus Chusaini mengemukakan, untuk terus mengakselerasi momentum pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat (KPwBI Kalimantan Barat) bersinergi dengan Pemerintah Daerah serta stakeholders terkait kembali menyelenggarakan Semarak Pariwisata, UMKM dan Keuangan Kalimantan Barat (Saprahan Khatulistiwa 2022) dengan mengusung tema “Sinergi untuk Akselerasi Pemulihan Ekonomi, UMKM dan Pariwisata Kalimantan Barat 2022”. Dimana, penyelenggaraan Saprahan Khatulistiwa 2022 ini terdiri dari tiga kegiatan utama, yakni Pre Event, Main Event, dan Post Event.

“Dimana merupakan dukungan untuk penyelenggaraan berbagai event yang akan dilaksanakan di Kalimantan Barat, yakni: Pertemuan Tingkat Menteri BIMP-EAGA (Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area) yang akan dilaksanakan di bulan November 2022; Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Desember 2022; dan Presidensi G20 Indonesia,” imbuhnya.

Dalam rangkaian kegiatan Main Event ini, Agus kembali mengutarakan, untuk pengembangan UMKM dan pariwisata di Kalimantan Barat, antara lain webinar pengembangan desa wisata dan industri kreatif, kegiatan onboarding UMKM, serta business matching pembiayaan UMKM. Kemudian, Showcase produk UMKM Kalimantan Barat 2022 bersama Dekranasda Kalimantan Barat yang diselenggarakan di pendopo Gubernur Kalimantan Barat 4-7 Juli 2022 dan Ayani Mega Mall pada tanggal 15-28 Juli 2022.

“Sedangkan untuk rangkaian kegiatan Post Event, akan dilaksanakan Webinar dan workshop dengan mengambil tema akselerasi investasi di Kalimantan Barat, guna mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan yang selaras dengan program pemerintah,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar