Jelang Puncak Saprahan Khatulistiwa 2022, BI Kalbar Gelar Taklimat Media

KBRN, Pontianak : Kantor perwakilan Bank Indonesia Kalimantan  Barat mencatat perekonomian Kalbar pada triwulan I-2022 tumbuh sebesar 4,05% (yoy) yang didukung program perecepatan vaksinasi, penyaluran bantuan social  kepada masyarakat terdampak serta  berbagai program pemulihan ekonomi dari pemerintah maupun berbagai pemangku kebijakan di tingkat pusat.

“Melihat dari lapangan usaha, pertumbuhan ekonomi Kalbar padaTriwulan I-2022 ditopang oleh pertumbuhan sector pertambangan dan penggalian yang tumbuh (41,23% yoy), jasa perusahaan (14,01% yoy) serta penyediaan akomodasi  dan makan minum (10,70% yoy),”jelas Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat, Agus Chusaini  seusai Taklimat Media Saprahan Khatulistiwa 2022 di Kantor BI setempat, Jumat (24/6/2022).

Menurutnya untuk terus menjaga dan mengakselerasi momentum pertumbuhan ekonomi Kalbar yang tengah berlangsung, Kantor Perwakilan BI Kalbar bersinergi dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten Kota se-Kalbar serta stakeholder kembali menyelenggarakan Semarak Pariwisata, UMKM dan Keuangan Kalbar (Saprahan Khatulistiwa 2022). Tahun kedua Saprahan Khatulistiwa selama Covid-19 yang dilaksanakan secara hybrid dan dapat diikuti secara Online masyarakat secara luas dengan mengusung tema “Sinergi untuk Akselerasi Pemulihan Ekonomi, UMKM dan Pariwisata Kalimantan barat 2022” ini puncak acaranya akan di pusatkan di Pendopo Gubernur Kalbar pada 4-7 Juli 2022.

“Saprahan adalah media untuk mempromosikan UMKM dan juga pariwisata yang ada di Kalimantan Barat, bentuknya sama nanti kita akan promosikan, tadi ada Showcase, kemudian kita harapkan juga ada based matching peretemuan, kalau memang ada UMKM yang membutuhkan pendanaan, mudah-mudahan nanti melalui bisnis matching ini memberikan kemudahan UMKM untuk bisa mengakses permodalan seandainya mereka membutuhkan,”jelasnya.

Rangkaian kegiatan utama Saprahan Khatulistiwa yang dilaksanakan secara hybrid ini  meliputi Pre Even yang telah dimulain sejak awal Meri 2022 yang terdiri dari kegiatan capacity building kepada UMKM yang juga di laksanakan Experience QRIS bagi para undangan untuk pembelian produk-produk UMKM binaan Bank Indonesi. Selain itu juga dirangkai dengan Main Event yang terdiri dari High Level Meeting Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) se-Kalbar, Opening Seremony Saprahan Khatulistiwa 2022, Showcase Produk UMKM Kalimantan Barat 2022. Sedangkan Post Event menggelar Webinar Nasional pengembangan ekonomi Kalimantan barat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkalnjutan yang selaras dengan program pemerintah dan tema Presidensi G20 Indonesia.

“Seluruh rangkaian kegiatan saprahan Khatulistiwa 2022 dilaksanakan, selain untuk mengakselerasi momentum ekonomi Kalbar juga wujud dukungan untuk penyelenggaraan event BIM-EAGA yang dilaksanakan di Kalbar pada November 2022, termasuk Gernas Bangga Buatan Indonesia pada Desember 2020 serta Presidensi G20 Indonesia,”pungkas Agus Chusaini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar