Tanjung : Pelabuhan Kijing Dongkrak Ekonomi Kalimantan Barat

KBRN, Pontianak : Kalimantan Barat memiliki Pelabuhan Internasional Kijing Kabupaten Mempawah. Penantian Panjang seluruh elemen masyarakat hadirnya pelabuhan Samudra kini telah terwujud yang dipastikan berdampak positif bagi kemajuan daerah ini.

Anggota DPRD Kalimantan Barat Suyanto Tanjung optimis hadirnya Pelabuhan Kijing meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kalimantan Barat bahkan perkiraan Gubernur Kalbar peningkatan PAD mencapai Rp. 2 - 3 Triliun.

Menurutnya dengan semakin bertambahnya Pendapatan Daerah maka berdampak terhadap pembangunan yang bisa diprioritaskan di wilayah pedalaman tidak semata-mata hanya di perkotaan.

“PAD kita meningkat dan itu bisa membangun infrastruktur pedalaman tentu semuanya merasa bangga dan diperhatikan tidak seperti hari ini hanya daerah perkotaan yang dibangun, sementara pendalaman jalannya masih hancur lebur” tegasnya kepada RRI, Jumat (27/05/2022).

Tanjung juga merasa optimis karena ekspor CPO bisa langsung dilakukan melalui pelabuhan Kijing sehingga Kalimantan Barat bisa mendapatkan pajak ekspor

Selain itu yang paling penting dengan hadirnya pelabuhan Samudra ini membuka peluang serapan tenaga kerja yang harus mengutamakan Sumber Daya Manusia (SDM) local karena menjadi solusi menekan angka pengangguran bahkan dalam upaya pengentasan kemiskinan.

Namun Tanjung menyoroti infratruktur jalan penunjang dari dan ke Pelabuhan Kijing yang ia nilai masih belum mencukupi sehingga harus sesegera mungkin dilakukan peningkatan kapasitas jalan dengan pelebaran atau merealisasikan jalan tol.

Ia mencontohkan di Kawasan Pontianak Utara menjadi langganan macet karena dilewati kendaraan berat termasuk di Kawasan Kabupaten Mempawahnya sendiri yang lebar jalannya relatif kecil.

Anggota Komisi IV DPRD Kalbar ini juga yakin dengan hadirnya Jembatan Kapuas 3 menjadi solusi efektif dalam memberikan kelancaran aktifitas ekonomi masyarakat sehingga menjadi upaya mengurai kemacetan jangka panjang

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar