PLN Peduli Bantu UMKM Berkah Rangga Tingkatkan Omset dan Kapasitas Produksi

KBRN, Pontianak : Melalui program bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli, PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) menyalurkan bantuan untuk meningkatkan usaha upaya naik kelas bagi UMKM Berkah Rangga di Desa Korek, Kecamatan Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Bantuan ini telah disalurkan sejak pertengahan tahun 2021 dan hingga saat ini tetap dipantau perkembangannya oleh PLN. 

UMKM yang menjual berbagai produk kudapan mulai dari keripik pisang, ulat sutra, stick bawang, peyek, telur gabus hingga keripik ubi ini mendapatkan bantuan untuk meningkatkan kapasitas produksinya berupa 1 unit mesin pemotong pisang, 1 unit penggiling mie listrik, dan 1 unit spinner minyak goreng. Selain itu, Berkah Rangga juga menerima bantuan perbaikan desain kemasan pada produk keripik pisang yang merupakan produk unggulannya. 

“Sebelum mendapatkan bantuan dari PLN, proses produksi kami membutuhkan waktu yang lama karena seluruh proses dilakukan secara manual. Dengan bantuan mesin pemotong pisang yang dimodifikasi untuk dapat langsung masuk ke penggorengan, proses produksi kami menjadi jauh lebih cepat,” ujar Sri Wahyuni, pendiri UMKM Berkah Rangga. 

Wanita yang biasa dipanggil Yuni ini juga menceritakan tentang awal mula ia memulai produksi keripik pisang adalah ketika ia mengetahui bahwa harga pisang kepok atau nipah di Pontianak cukup terjangkau. Yuni melihat hal tersebut sebagai peluang usaha dan memperoleh ide untuk meningkatkan nilai ekonomi pisang tersebut menjadi keripik dengan berbagai rasa.

“Saya merasa senang dan bersyukur atas bantuan dari PLN ini. Proses produksi menjadi lebih cepat, kapasitasnya meningkat, dan omset kami juga turut meningkat. Semoga ke depannya usaha saya lebih maju dan lancer,  serta PLN semakin jaya dan semakin terdepan dalam melayani masyarakat,” ucap Yuni.

Produk keripik pisang yang telah dikembangkan kemasannya melalui bantuan TJSL PLN Peduli ini telah beredar di berbagai toko oleh-oleh dan hotel di Pontianak. Tidak hanya itu, PLN juga membantu proses sertifikasi halal produk-produk Berkah Rangga dan saat ini telah mendapatkan ketetapan halal dari LPPOM MUI Provinsi Kalimantan Barat. Diharapkan pada Februari nanti sertifikat halalnya telah berhasil terbit.

Didik Mardiyanto, General Manager PLN UIP KLB menyebutkan bahwa pihaknya ingin agar usaha masyarakat dapat terus tumbuh dan berkembang terlebih saat masa pandemi seperti sekarang ini. “PLN UIP KLB terus berupaya untuk memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Hal itu juga sejalan dengan komitmen PLN untuk terus mendukung UMKM di Indonesia untuk naik kelas menjadi usaha yang menyerap tenaga kerja dan menguatkan perekonomian negara. PLN  juga akan terus hadir untuk menghasilkan listrik yang andal dan berkualitas untuk masyarakat luas,” pungkasnya.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar