Jangan Panik, Pemerintah Siapkan Stok 1,2 Miliar Liter Minyak Goreng

KBRN, Pontianak : Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Pontianak Junaidi meminta masyarakat tidak panik dengan harga minyak goreng murah. Apalagi sampai melakukan aksi borong, menyusul kebijakan pemerintah menetapkan satu harga minyak goreng Rp 14 ribu/perliter. 

“Masyarakat panik sehingga kemudian beramai-ramai membeli minyak. Sementara ini program dari pemerintah pusat dan terus berlanjut sehingga tidak satu hari saja,” kata Junaidi. 

Junaidi menjelaskan bahwa minyak goreng satu harga ini merupakan program dari pemerintah pusat. Tersedia 1,2 miliar liter minyak goreng untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk pendistribusiannya melibatkan Bulog dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

“Tim kami memantau di beberapa retail masih tersedia minyak goreng satu harga,” jelasnya. 

Junaidi justru meminta masyarakat melapor jika kemudian menemukan ada pihak yang memanfaatkan situasi ini. Membeli minyak dengan harga yang ditetapkan pemerintah dan kemudian menjual kembali dengan harga lebih tinggi.

Menurutnya, saat ini minyak goreng satu harga itu tersedia di pasar-pasar modern. Pihaknya terus memantau dan mengawasi guna memastikan tidak terjadi kekosongan di pasaran.

“Kami memiliki keterbatasan juga mengawasi, sehingga peran aktif masyarakat dengan melapor jika kemudian menemukan pihak yang memanfaatkan kesempatan dengan minyak goreng satu harga,” ujar Junaidi. 

 “Jadi bisa lapor ke dinas jika ada penyalahgunaan. Bisa ke dinas atau melalui ke 081345653675,” tutupnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar