Pertanian Kelompok Tani Wanita Cahaya Baru Tingkatkan Ekonomi Keluarga

KBRN, Pontianak : Kampung KB Cahaya Baru, di Tenggara Pontianak masih miliki lahan yang cukup luas. Lahan tersebut lantas dimanfaatkan ibu-ibu setempat untuk membuka lahan pertanian. Hasilnya, dapat membantu perekonomian keluarga

Lahan luas belakang rumah warga di Gang Suryadi, Kelurahan Bansir Darat Kecamatan Pontianak Tenggara, awalnya hanya semak belukar. Namun di tangan Kelompok Wanita Tani binaan Kampung KB Cahaya Baru, kini satu hektare lahannya mampu disulap sebagai tempat bercocok tanam.

Cukup banyak jenis tanaman pertanian disana. Kangkung, sawi, bayam, daun bawang, kemangi, cabe, tomat serta tanaman liar nanas kini dikembangkan oleh para Kelompok Wanita Tani yang anggotanya kurang lebih 15 orang. 

Para Srikandi rumah tangga ini, sebagian bekerja sebagai asisten pembantu rumah tangga. Tapi, saat waktu senggang, mereka mengelola lahan pertanian ini untuk ditumbuhi berbagai tanaman sayuran menghasilkan. Kini hasil sayuran ini bisa dipanen dan mampu menambah penghasilan mereka.

Kampung KB Cahaya Baru ini andalannya memang dari sektor pertanian yang dikelola oleh para perempuan. 

"Hasil panen sayuran kemudian dijual ke penampung sayuran. Selain itu ada juga yang dijual langsung ke pasar oleh teman-teman Kelompok Wanita Tani Kampung KB Cahaya Baru," ujar Ketua Kampung KB Cahaya Baru, Sunarti

Untuk saat ini, teman-teman Kelompok Wanita Tani di sini memanfaatkan lahan seluas satu hektare untuk dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Jika ditotal, hasil panen dari jual sayuran sebulan bisa mencapai Rp 5 juta. Dari untung hasil panen sayuran ini, dibagi-bagi kepada anggota.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar