PT. FSL Siap Dampingi Petani Pekebun Kembangkan Pinang Betara

KBRN, Pontianak : Manajemen Perizinan PT. Fajar Saudara Lestari (FSL) Yudi Wahyudi mengatakan, untuk tahap pertama pihaknya mengalokasikan bantuan melalui Corporate Social Responbility (CSR) perusahaan sebanyak 4.000 bibit pinang unggul jenis Betara untuk 4 hektar lahan di dua desa di Kecamatan Batu Ampar diantaranya Desa Batu Ampar dan Desa Tanjung Harapan.

“Yang mana setiap satu hektarnya akan ditanami 1.000 pinang Betara dan setiap desa dialokasikan 2.000 pinang Betara”, kata Yudi usai menyerahkan bantuan CSR PT. FSL kepada petani pekebun di Base Campnya, Selasa (26/10/2021).

Yudi menjelaskan, program CSR yang diberikannya ini bukan hanya sekedar memberikan bantuan saja, melainkan pihaknya mencoba berkolaborasi bersama masyarakat yang dipercaya merawat pinang Betara ini untuk mengevaluasi dan memberikan pembinaan yang dilakukan tim agronomi dikebun terutama untuk perawatannya agar tanaman ini bisa tumbuh dan dikembangkan dengan baik oleh masyarakat, karena dua desa di wilayah kerja kami ini akan dijadikan sentra pinang unggul bagi Kubu Raya dan Kalimantan Barat.

“Untuk menanam pinang Betara ini, kami akan melibatkan 10 orang setiap desanya untuk mengelola 2.000 bibit pinang unggul ini, yang mana setiap orangnya akan menanam pinang Betara ini sebanyak 200 batang pinang untuk 0,5 hektar lahan. Jadi jika 20 petani pekebun ini bisa serentak menanam dalam satu hamparan lahan yang sudah disiapkan, maka untuk 4.000 pinang unggul ini bisa ditanam untuk 4 hektar lahan”, ujarnya.

Yudi menyampaikan, sebelum diberikannya bantuan bibit pinang Betara ini, pihaknya terlebih dahulu melakukan survei, untuk memastikan lahan kosong masyarakat yang masih tersedia. Tentunya dengan bantuan ini pihaknya mengharapkan bisa memberikan nilai ekonomi yang tinggi bagi masyarakat petani pekebun.

“Lokasi tanaman pinang ini kami harapkan tidak terlalu jauh dari kebun sawit, karena untuk memudahkan kami untuk melakukan pemantauan dan perawatan pinang unggul petani pekebun”, harapnya.

Dirinya mengakui, pihaknya sangat mendukung dan tidak terbebani dengan program Tembakul yang dijalankan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya karena menurutnya, program ini mampu meningkatkan perekonomian petani pekebun di sekitar perusahaan dan tentunya program ini harus terus dijalankan, agar petani pekebun yang ada disekitar perusahaan bisa terbantu ekonominya dengan program ini.

"Kami dari menajemen PT.FSL sangat mendukung pogram unggulan pak Bupati Muda Mahendrawan melalui Tembakul CSR Perusahaan Perkebunan ini, karena dengan program ini, tidak hanya mempu menopang perekonomian petani pekebun, juga bisa menciptakan kolaborasi yang baik antara petani pekebun dengan perusahaan, karena kami (perusahaan dan masyarakat) bisa sama-sama saling menjaga dan membantu lahannya masing-masing", tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00