BI Catat Pertumbuhan Ekonomi Kalbar Sejalan Perekonomian Nasional

KBRN, Pontianak : Bank Indonesia mencatat perekonomian di Kalimantan Barat pada triwulan II-2021  mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi hingga 10,08 persen (yoy). Bahkan juga mengalami perbaikan perekonomian  yang sejalan dengan perbaikan perekonomian secara nasional.

“Ini meningkat dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi  tiwulan I yang memang mengalami  kontraksi 0,1 persen, dan juga pertumbuhan ini lebih tinggi disbanding dengan pertumbuhan ekonomi secara nasional yang tercatat 7,07 persen dan juga Kalimantan Barat mengalami pertumbuhan  yang tertiunggi di wilayah Kalimantan yang rata-rata tumbuh  6,28 persen,’ papar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat, Agus Chusaini, Selasa (21/9/2021).

Agus Chusaini mengatakan, jika mencermati  lebih detil pertumbuhan ini  pertumbuhan ini juga dilihat dari angka nominalnya PDRB Kalbar sudah mendekati normalnya di Desember 2019 saat belum ada Covid. Artinya baik secara pertumbuhan persentasenya tinggi, secara nominalpun sduah mendekatai kea rah  normal kembali atau pemulihan ekonominya sudah berjalan dengan baik. 

Menurut Agus, perbaikan kinerja ini juga ditandai terjadi di seluruh komponen, baiuk di konsumsi rumah tangga, konsumsi LPRT, konsumsi pemerintah,  investasi dan ekspor. Sedangkan dari sisi lapangan usaha, perbaikan kinerja pada lapangan usaha utama seperti pertanian, industry pengolahan, perdagangan besar dan eceran, serta  konstruksi menjadi faktir pendorong  pertumbuhan secara umum. Dimana perbaikan tersebut disebabkan oleh meningkatnya  permintaan global dan  harga komoditas unggulan Kalbra, terutama CPO, Karet,  Bouksit dan Alumina. (*).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00