HIPMI Kubu Raya Diharapkan Perkuat Entrepreneurship dan Perbanyak Action

KBRN, Pontianak : Memperkuat Entrepreneurship (kewirausahaan) dan perbanyak action menjadi kata kunci yang diharapkan Bupati Kubu Raya Kalimantan Barat Muda Mahendrawan terhadap Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) priode 2021-2024 agar dapat membantu pemerintah dalam pemulihan perekonomian di masa pandemi Covid-19.

“Apalagi di era pandemi Covid-19 seperti ini, tentunya HIMPI Kubu Raya harus mampu bertransformasi dan beradaptasi dengan kondisi yang memiliki daya saing yang harus kuat, daya saing ini harus muncul dari SDM-SDM HIPMI itu sendiri, yang mana pelaku usahanya harus tangguh, berkarakter dan kokoh”, kata Bupati Muda Mahendrawan usai menghadiri Pelantikan BPC HIMPI Kubu Raya priode 2021-2024 di ruang praja utama aula kantor bupati, Senin (20/9/2021) malam.

Bupati menuturkan, selama ini Pemerintah Kubu Raya juga berupaya memperkuat pelayanan publik dari sisi perizinan, pelayanan legalitas-legalitas dan juga infrastruktur, yang mana semua itu dari hulu sampai hilirnya bisa memperkuat usaha-usaha ekonomi masyarakat.

“Investasi, saya yakin akan datang sendiri apabila daerah ini ramah dengan langkah-langkah yang dilakukan untuk pola-pola perizinan pelaku usaha. Makanya melalui HIPMI ini juga bisa menjadi mitra yang benar-benar produktif, memberikan nilai tambah, gagasan, juga bermitra dengan desa-desa, misalnya membawa pihak-pihak yang mau bermitra dengan desa supaya bisa diperdayakan”, ujar bupati.

Bupati Muda menambahkan, komoditi-komoditi yang ada di desa-desa itu tentunya memerlukan pasar, di tengah pandemi saat ini justru harus memperkuat produk-produk pangan daerah mulai dari padi, jagung, kopi, kelapa, maupun produk unggulan daerah yang banyak bisa diolah, termasuk juga dari sumber perikanan, perkebuanan.

“Dengan cara inilah kita bisa memperkuat ekonomi di Kubu Raya, termasuk di Kalbar maupun di Indonesia. Harapan kita, keberadaan kepengurusan HIMPI ini tidak hanya sekedar gagah-gagahan saja, namun actionnya harus konkrit dan langsung mendarat ke masyarakat”, imbuhnya.

Muda meminta kepada kepengurusan HIMPI jangan terlalu banyak agenda ceremony dan webeniar tapi labih banyak agenda langsung action, misalnya mengajak siapa saja yang mau usaha untuk diajak desa-desa mana saja yang mau berusaha.

“Apalagi teman-teman HIPMI ini banyak yang sudah jadi anggota DPRD, tentunya mengenal wilayah Kubu Raya ini. Jadi saya kira tidak terlalu rumit, karena mereka pasti tau daerahnya, desanya dan lokasinya serta komuditinya yang harus dikembangkan mereka juga pasti tau. Makanya saya mengajak Dinas-dinas terkait untuk bisa menyatupadukan upaya-upaya itu semua”, ujar Bupati Muda.      

Bupati Muda memberikan apresiasi kegiatan Pelantikan ini, karena peran HIPMI dalam menggerakan sektor ekonomi di masa pandemi sangat diperlukan. Selain itu invoasi, relasi dan kolaborasi HIPMI dan pemerintah daerah juga dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dan peluang demi terwujudnya kemajuan perekonomian Kabupaten Kubu Raya.

“Saya berharap HIPMI Provinsi dan Kabupaten Kubu Raya terus kedepankan entreprenuership dan perbanyak action untuk memperkuat literasi digital, sehingga masyarakat bisa mengakses digital market supaya akses itu bisa untuk memanfaatan pangan lokal yang dapat diolah menjadi produk siap ekspor dengan kualifikasi yang memadai”, paparnya.

Di tempat yang sama Ketua BPD HIPMI Kalbar, Denia Yuniarti Abdussamad usai melantik jajaran Pengurus BPC HIPMI Kabuapten Kubu Raya, yang diketuai Teguh Wibowo, mengatakan, BPC HIPMI Kabuapten Kubu Raya terus bergeliat dalam aktivitas organisasi walau baru dilantik saat ini.

“Tujuan utama dari organisasi ini untuk menghimpun semangat wirausahawan-wirausahawan muda agar memberikan spirit kepada warausahawan tetap terjaga dengan baik dan geliat ini juga tidak lepas dari dukungan pemerintah kabupaten Kubu Raya, yang mana HIPMI dalam kinerjanya mengapresiasi pembangunan sekaligus memberi dukungan bagi kemajuan pembangunan daerah selanjutnya,” ujarnya.

Diakuinya, bahwa kolaborasi, relasi dan inovasi antar stakeholder akan mendorong akseleasi pembangunan ke arah yang baik. Akselarasi adalah tujuan kolaborasi sedangan relasi dan inovasi adalah proses memperbaiki, memberikan nilai yang signifikan.

“Program-program konkrit banyak sekali yang bisa kita lakukan, baik itu dari sektor ekonomi, pertanian, perkebunan, gas, perminyakan, dan lain sebagainya. Dengan demikian HIPMI menjadi bagian dalam mewujudkan kemajuan perekonomian di kabupaten Kubu Raya,” tandasnya.

Pelantikan HIPMI Kubu Raya priode 20021-2024 uni juga disaksikan Kepengurusan HIMPI Kalbar dan HIPMI Kota Pontianak, Perwakilan Polres Kubu Raya, Perwakilan Kodim 1207 Pontianak, Asisten II bidang ekonomi dan pembangunan Setda Kubu Raya Gandhi Satyagaraha, Wakil Ketua DPRD Kubu Raya Suharso, anggota DPRD Kubu Raya Johan Saimima, Kepala Dinas Pertanian Heri Supriyanto, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UMPP) Nora Sari Arani, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Iping HIndrawati dan anggota pengurus HIPMI Kubu Raya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00