Aplikasi PLN Mobile, Solusi Efektif Layani Pelanggan

KBRN, Pontianak : PLN Mobile tarbukti sangat banyak manfaat dan keutungannya bagi masyarakat, diantaranya masyarakat yang selama ini  membayar tagihan harus melalui loket-loket PPOB yang harus ke Kantor Pos atau ATM, kini cukup melalui PLN Mobile. Jika pelanggan mengguanak voucher atau listrik pra bayar, pelanggan membeli voucher cukup menggunakan PLN Mobile, bahkan lebih murah karena ada salah satu bank layanan atau PPOB yang tidak ada biaya admin-nya.  Memang dalam hal ini tidak semua tetapi ada yang nol rupaiah biaya admin, sehingga sangat memudahkan dan efisien.

“Dari sisi layanan pengaduan, pelanggan yang ingin mengadukan gangguan karena listrik di rumah padam atau bahkan mengeluh karena hasilo catat meter yang tidak sesuai, itu bisa melalui aplikasi itu, dan warga atau pengguna PLN mobile bisa melihat sejauhmana petugas PLN menindaklanjuti pengaduan tersebut,”jelas Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pontianak, Didi Kurniawan Abuhari Saat Dialog Luar Studio RRI Pontianak, Jumat (17/9/2021).

Begitu juga untuk layanan pasang baru dan tambah daya, dimana untuk pasang baru sekarang masih dalam progress, sedangkan untuk tambah daya  cukup melalui  Aplikasi PLN Mobile dan tidak perlu repot-repot datang ke Kantor PLN.

“Selain itu  juga melalui Aplikasi PLN Mobile juga bisa mendapatkan layanan kemudahan catat meter mandiri pelanggan pasca bayar, tanpa harus terganggu privasinya oleh petugas catat meter, dengan melakukan pencatatan sendiri menggunakan PLN Mobile,” tuturnya. Caranya buka fitur Swadaya Catat Angka Meter (SwaCAM) melalui aplikasi PLN Mobile. Selain itu juga  pelaporan baca meter mandiri ini dapat dilakukan melalui aplikasi WhatsApp Messenger (WA) PLN 123 dengan nomor 0812-2123-123.

 Senada hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak Firdaus Zar’in mengakui keberadaan Aplikasi PLN Moble memang benar-benar sangat memudahkan masyarakat, diantaranya tidak perlu antre lagi dalam membayar tagihan listrik.

“Musim Covid lagi kalau seperti zaman kita kecil-kecil dulu  bayar listrik antri macam orang bagi beras, itu zaman Covid sekarang maslah jadi masalah, jadi memang tidak zamannya lagi, Alkhamdulilah  denga segala dinamikanya PLN kota Pontianak, Kalimantan Barat ini saya lihat semakin maju tetapi jangan terlena,”harap Firdaus Zar’in.

Menurut Firdaus Zar’in kemudahan menggunakan Aplikasi PLN mobile cukup banyak, termasuk dalam penambahan daya tidak perlu nunggu lama, karena cukup mengajukan  tambah daya tegangangan listrik melalui Aplikasi PLN mobile, maka segala proses administrasi penambahan daya dapat langsung dilakukan hanya  menghgunakan jari saja dan tidak perlu repot datang ke kantor PLN.

“Begitu pula untuk layanan lainnya seperti Kemudahan Pembelian Token dan Pembayaran Tagihan, Catat Angka Meter Mandiri, Kemudahan Pengaduan Gangguan dan Keluhan, Informasi Progress Penyelesaian Gangguan, Notifikasi Tagihan dan Notifikasi Padam serta Pemeliharaan,”pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00