Kubu Raya Usung Perkebunan Unggul Berbasis CSR

KBRN, Pontianak: Pengembangan perkebunan unggul berbasis CSR perusahaan perkebunan menjadi satu diantara program Kabupaten Kubu Raya, demi meningkatkan perekonomian masyarakat petani yang berada di sekitar areal konsesi. 

Melibatkan peran perusahaan perkebunan kelapa sawit melalui CSR menjadi alternatif di tengah keterbatasan anggaran pemerintah.

"Penyaluran bantuan itu sendiri, CSR dari perusahaan perkebunan itu disalurkan melalui lembaga, dalam hal ini lembaga kelompok tani yang sudah masuk dalam sistem penyuluhan pertanian aplikasi simultan Kementerian Pertanian," terang Kepala Bidang Produksi & Pembenihan Dinas Perkebunan Kabupaten Kubu Raya Rudi Silalahi Kamis (17/06/21) pagi.

Ditambahkan Rudi, Instansinya telah membuat Buku Panduan Pengembangan Perkebunan Unggul yang dapat menjadi panduan bagi kelompok tani untuk mengikuti program dimaksud. Di dalamnya ada syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh kelompok tani yang ingin mengajukan proposal.

"Usulan-usalan yang masuk akan Kami inventarisasi dan verifikasi terkait calon petani dan juga kelembagaanya, "apakah udah masuk dalam aplikasi simultan?" Kemudian kesesuaian lahan, "apakah sesuai dengan yang mereka minta atau tidak?" kata Rudi.

Setelah itu, lanjut Rudi, baru disinergiskan dengan dana CSR perusahaan perkebunan sebagai sumber dan kegiatan perkebunan unggul. Proposal yang dibuat harus sesuai dengan syarat dan ketentuan dari Dinas Perkebunan, sehingga tercapai keseragaman dalam membuat proposal tersebut, sekaligus memudahkan saat merekap. Sedangkan pelaksanaan kegiatan, pengawasan dan pelaporan dilakukan secara berkelanjutan oleh Dinas Perkebunan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00