BPN Kalbar Gandeng Stakeholder Gelar Bimtek Pemberdayaan Tanah Masyarakat

KBRN, Pontianak : Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Kalimantan Barat sangat  konsisten melaksanakan bagian dari Reforma Agraria  diantaranya dengan menggelar Bimbingan Teknis yang diikuti para pelaku UMKM.

“Bimtek ini kami lakukan untuk mengangkat produk-produk  khususnya UMKM dalam rangka pemberdayaan.  Langkah ini dilakukan agar para pelaku UMKM mempunyai  nilai yang lebih baik”, jelas Kepala Kantor Wilayah BPN provinsi Kalimantan Barat Ery Suwondo disela-sela Pelaksanaan Bimbingan Teknis Pemberdayaan Tanah Masyarakat Tahun 2021 di Pontianak, Senin (14/6/2021).

Hal itu dimaksudkan agar yang sudah baik,  lebih baik lagi, termasuk dalam pemasarannya.

“Kan bimbingan teknis ini kita hadirkan beberapa stake holder yang memang punya keahlian di bidang itu misalnya dari Bank kalbar, BNI kemudian dari Kadin tentu akan memberikan pembelajaran bagaimana produk-produk yang dihasilkan masyarakat bisa memberkan hasil yang lebih maksimal. Dan saya sudah melihat sebenarnya bagus, tinggal bagaimana kita lebih meningkatkan produk-produk ini supaya lebih dikenal masyarakat”, harapnya.

Ery Suwondo mengakui  potensi di Kalbar sudah luar biasa, hanya saja sekarang bagaimana mengemas ini agar lebih dikenal masyarakat tidak di Kalbar saja tetapi juga di luar Kalbar, bahkan mancanegara. Selain lebih dikenal, produk-produk  yang dihasilkan pemberdayaan masyarakat mudah di pasarkan,  sehingga masyarakat juga antusias untuk meningkatkan kesejahteraannya,  tentunya  dengan produk-produk yang semakin berkualitas. Ery berharap  dengan bimbingan teknis ini, produk yang dihasilkan  semakin berkualitas, semakin dikenal dan punya nilai lebih meningkatkan kepesertaan masyarakat setempat.

“Kita gandeng ada beberapa BUMN, dimana BUMN ini antara lain BNI, kemudian Angkasapura juga mempunyai  pembinaan, kemudian juga Instansi yang lain, jadi tidak semata-mata BUMN, yang penting kita adalah Instansi terkait mempunyai keinginan dan kehendak yang sama dengan kita, bagaimana masyarakat ini  meningkat, sejahtera dan ini juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi   dan akibatnya ini nanti juga secara regional Kalbar akan semakin baik, tidak hanya semata masyarakat tetapi nanti Kabupaten, Provinsi  dan mungkin secara nasional kita bisa memberikan kontribusi kesejahteraan dari masyarakat setempat”, pungkas Ery. (Hermanta).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00