Juni 2021, Realisasi Pendapatan PBB Kubu Raya Diatas 18 Persen

KBRN, Kubu Raya : Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat melalui Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) mencatat, hingga bulan Juni 2021, realisasi pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di kabupaten itu baru mencapai 18 persen dari target pendapatan sebesar Rp14 miliar.

Kepala BPPRD kabupaten Kubu Raya Lugito mengatakan, untuk tahun 2021 ini, PBB Kubu Raya ditargetkan sebesar Rp14 miliar dan sampai Juni ini, realisasinya sudah lebih dari 18 persen atau kurang lebih Rp2,5 miliar lebih.

“Target realisasi PBB Kubu Raya tahun ini mengalami sedikit peningkatan dari tahun lalu, di mana pendapatan PBB tahun 2020 ditargetkan sebesar Rp13,6 miliar lebih”, katanya di ruang kerjanya, Senin (14/6/2021).

Menurutnya, sampai saat ini kesadaran masyarakat Kubu Raya untuk membayar pajak sudah sangat baik. Dirinya yakin, tahun ini pendapatan pajak juga bisa mencapai target.

"Alhamdulillah, tahun lalu, bisa melebihi target yang ditentukan, di mana PBB ditargetkan sebesar Rp13,6 miliar lebih dan terealisasi sebesar Rp13,7 miliar lebih atau 101 persen. Untuk mencapai target tersebut, pemerintah harus hadir di tengah masyarakat, karena kami tahu, masyarakat Kubu Raya sudah sadar dan taat untuk membayar pajak. Hanya saja, dengan semakin di dekatkannya pelayanan pajak kepada masyarakat, tentu masyarakat akan lebih mudah untuk melaksanakan kewajibannya atas pajak," ujarnya.

Lugito mencontohkan, yang memiliki tanah di Kubu Raya bukan hanya masyarakat setempat, tetapi ada juga yang bdrdomisili di daerah lain seperti di Mempawah, Kota Pontianak bahkan di Jakarta. 

"Dengan adanya kemudahan pembayaran pajak seperti di Indomaret, tentu masyarakat yang berada di luar Kubu Raya bisa dengan mudah membayar pajaknya dan pola ini yang kita lakukan untuk mencapai target pajak di Kubu Raya," ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00