Groundbreaking PLTS 1,5 MWP Terbesar Di Indonesia Dimulai

KBRN, Pontianak: Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 1,5 Megawatt Peak (MWp) di area Kampus Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak dimulai. Pembangunan ditandai dengan groundbreaking atau peletakkan batu pertama oleh Dirjen Dikti Kemendikbud Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Gubernur Kalimantan Barat diwakili Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Energi dan Sumber Daya Mineral Syarif Kamaruzaman, dan Rektor Universitas Tanjungpura, Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H, M.Si, PT.WIKA dan PT. SUN Energy.

Rektor Untan Pontianak Garuda Wiko mengemukakan, bersamaan dalam rangka Dies Natalis Universitas Tanjungpura, pihaknya terus bergerak dengan menekankan nilai inovasi dan kolaborasi.

“Sama halnya dalam pengadaan PLTS di Universitas Tanjungpura, kami hadirkan melalui kolaborasi yang dilakukan dengan pelaku industri, PT Wika Industri Energi dan SUN Energy, yang nantinya menghasilkan inovasi, utamanya pada bidang energi baru terbarukan,” ujarnya, Sabtu (21/05/2022).

Sementara itu, Dionpius Jefferson, Chief Commercial Officer SUN Energy mengungkapkan, dari pihak pengembang SUN Energy sebagai salah satu perusahaan pengembang energi surya yang telah berkembang secara eksponensial mengungkapkan bahwa, “Instalasi sistem PLTS yang terus digulirkan dharapkan dapat membawa dampak terhadap pemenuhan target bauran energi yang telah ditetapkan.

“Dengan komitmen untuk terus memberikan layanan dengan akses seluas-luasnya kepada berbagai sektor untuk beralih menggunakan energi bersih, tentu kami tujukan demi terwujudnya Indonesia Bebas Emisi Karbon pada tahun 2060 mendatang,” jelasnya.

Melalui kolaborasi yang dilakukan antar SUN Energy dengan PT Wika IndustriEnergi sebagai pengembang teknologi tenaga surya, kedua pihak berharap dengan hadirnya PLTS di Institusi Pendidikan mampu menjadi bagian dari aktivitas pendidikan, terutama dalam menunjang proses pembelajaran para civitas akademika dalam mengembangkan ilmu pengetahuan seputar energi baru terbarukan di Indonesia.

Diketahui terdapat sederet nama institusi pendidikan yang telah mengembangkan sistem PLTS di Indonesia, pada hari ini, SUN Energy sebagai perusahaan pengembang proyek energi surya yang telah mencatatkan proyek lebih dari 250 MWp di kawasan Asia Pasifik, kembali menambah portofolio proyek ke-8 di Kawasan Institusi Pendidikan, yaitu Universitas Tanjungpura yang berlokasi di Pontianak, Kalimantan Barat dengan kapasitas 1,5 MWp. PLTS yang akan memecahkan rekor sebagai PLTS dengan kapasitas terbesar di antara institusi pendidikan lainnya di Indonesia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar