Diskominfo Kubu Raya Dorong Semua Desa Miliki Jaringan Internet

KBRN, Pontianak : Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) terus mendorong agar semua (118) desa di kabupaten terjangkau jaringan internet desa.

"Untuk mewujudkan internet desa kami akan menyesuaikan dengan keuangan daerah, tentunya kami akan melakukannya secara bertahap. Karena kami berkomitkan internet desa ini bisa terjangkau semua desa di Kubu Raya. Untuk itu kami akan menggandeng pihak ketiga dalam merealisasikan program internet desa”, kata Kepala Diskominfo Kabupaten Kubu Raya Edi Mudianto di ruang kerjanya, Senin (20/9/2021) pagi

Edi mengatakan, saat ini baru tiga desa yang sudah terkoneksi jaringan internet desa, diantaranya Desa Parit Baru Kecamatan Sungai Raya, Desa Jeruju Besar Kecamatan Sungai Kakap dan Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B.

"Saat ini juga Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementrian Komuniasi dan Informatika sudah melakukan MoU dengan lima desa di Kubu Raya yang akan dipasang internet desa, selain itu, BAKTI juga bekerjasama dengan Application Service Provide (ASP) lainnya seperti yang dilakukan di desa Jeruju Besar yang sudah profesional sehingga bisnisnya juga berjalan dengan baik”, ujarnya.

Dia menambahkan, setiap desa yang sudah menjalankan internet desa, maka desa itu akan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terkait dengan bisnisnya, selain itu dengan internet desa ini juga, maka akan memudahkan desa untuk melakukan tata kelolaan pemerintah desa yang transparan dan akuntabel.

“Seperti Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) online dan penerapan Cash Management System (CMS) non tunai yang sudah diterapkan di Kubu Raya sejak Maret 2019. Untuk tiga desa yang sudah memiliki inetrnet desa, mereka mengelola bisnisnya bersama BUMDes masing-masing, yang mana untuk internet Desa Parit Baru dikelola BUMDes Bintang Baru, Desa Jeruju Besar dikelola BUMDes Jeruju Bekat, sedangkan internet Desa Sungai Enau dikelola BUMDes Bersama yang terdiri dari Desa Retok, Kubu Padi, Kuala Mandor B dan Desa ”, ujar Edi.

Edi menyampaikan, pihaknya akan menargetkan empat desa yang akan memiliki jaringan internet desa, yang mana ke empat desa ini sudah melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS), diantaranya Desa Teluk Bayur Kecamatan Terentang, Desa Sungai Raya Dalam Kecamatan Sungai Raya, Desa Mengkalang Jambu Kecamatan Kubu dan Desa Sungai Bemban Kecamatan Kubu.

“Alhamdulillah, sampai saat ini jaringan sinyal celuller sudah hampir merata di setiap desa dan hanya 15 persen saja desa-desa di Kubu Raya yang masih mengalami blank spot dari jaringan celuller, untuk itu kita akan terus mendorong program internet desa ini, sehingga 118 desa di Kubu Raya bisa terjangkau sinyal jaringan internetnya”, tutup Edi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00