Tanamkan Semangat Nasionalisme, Kodim Sintang Gelar Wisata Nusantara Bela Negara

KBRN, Sintang : Rabu (20/1/2021) - Cara kreatif untuk menanamkan semangat patriotisme kepada generasi muda, Kodim 1205/Sintang menggelar kegiatan Wisata Nusantara Bela Negara (WNBN), bertempat di lapangan Makodim Sintang, Jalan Ksatria, Tanjung Puri, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang.

Wisata Nusantara Bela Negara diikuti oleh siswa siswi dari SMKN 1 Sintang dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sintang. Kegiatan ini, merupakan cara efektif untuk mengembangkan wawasan kebangsaan dalam berpikir suprarasional bagi para pelajar.

Adapun beberapa materi yang diberikan seperti Bela Negara, Sejarah Perjuangan Bangsa, UUD 1945, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI.

Serka Sajidin Agus Babinsa Alai, Koramil 1205-07/Sintang, selaku pemberi materi pada kegiatan tersebut menjelaskan, dalam rangkaian kegiatan tersebut para siswa siswi di bagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang, dan diberikan persoalan di tiap-tiap pos dengan pertanyaan yang berkaitan tentang Sejarah Perjuangan Bangsa, UUD 1945, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Bertujuan untuk memberikan bekal kemampuan dan pemahaman serta cara berfikir kepada para peserta.

Sementara itu, Dandim 1205/Stg Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan menyampaikan, kegiatan Wisata Nusantara Bela Negara diberikan untuk memupuk jiwa nasionalisme.

Lanjutnya mengatakan, para siswa siswi tampak sangat antusias menerima pelatihan yang diberikan dalam kegiatan tersebut, melalui kegiatan ini pula para siswa siswi dapat mengetahui wawasan kebangsaan, permainan matematika, serta rasa nasionalisme dan rasa cinta tanah air.

"Kegiatan seperti ini akan terus kita lakukan guna memotivasi para siswa siswi agar lebih semangat lagi dalam belajar, sehingga kita sebagai generasi muda dapat mewarisi semangat dan meneruskan cita-cita para Pahlawan yang telah berjuang dalam merebut dan mempertahankan Negara Indonesia," pungkas Dandim mengakhiri. (Pendam XII/Tpr/rri).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00