Polres Kubu Raya Siap Berikan Rasa Aman demi Percepatan Pembangunan sesuai Spirit Bersinar dan Menanjak

KBRN, Kubu Raya : Meski baru berdiri 7 bulan sejak diresmikannya pada 19 November 2019 lalu, Polisi Resort (Polres) Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) telah menunjukan eksistensinya dalam memberikan rasa aman, ketertiban dan melindungi masyarakat di 10 Polsek wilayah kerja Polres Kubu Raya, karena hal ini merupakan harga mati bagi Polres Kubu Raya.

Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Peramana mengatakan, diusianya ke 74 tahun dan dengan berbagai pristiwa yang dihadapi Polri selama ini, Polri tetap eksis dalam proses untuk ikut mengisi pembangunan di seluruh sektor, baik ekonomi, sosial dan khususnya keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Karena pada dasarnya proses pembangunan tidak terlepas dari wilayah yang aman dan itu adalah harga mati.

“Kabupaten Kubu Raya kita tahu, saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan proses pembangunan, meski dalam tiga bulan terakhir ini kita semua tahu seluruh daerah dilanda wabah Covid-19 dan ini kita rasakan semuanya. Tentunya kondisi ini membuat sektor pembangunan mengalami perlambatan dan begitu juga di sektor ekonomi. Kondisi diharapkan kita semua tidak perlu putus asa, karena dengan semangat juang kita semuanya dan hadirnya Polres Kubu Raya yang sudah 7 bulan berdiri tentunya akan menambahkan amunisi tersendiri untuk Kabupaten Kubu Raya yang terus menanjak dan terus menanjak untuk Indonesia”, ungkap Kapolres Kubu Raya AKBP. Yani Permana, S.IK, MM saat menggelar Syukuran HUT Bhayangkara ke-74 di aula Mapolres Kubu Raya, Rabu (1/7/2020).

Kapolres menjelaskan, perjuangan Polri hingga 74 tahun ini tidak mudah, karena berbagai hal yang dialami Polri sampai dengan akhirnya pada tahun 1998 Polri mengalami perubahan totalitas dan paradigma, baik itu kultur maupun mindset di tubuh Polri. Sehingga dengan bertambahnya usia, Polri meyakinkan diri siap memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara khususnya masyarakat Kabupaten Kubu Raya.

“Dalam berjuang untuk mendapatkan pengakuan dari masyarakat khususnya terhadap bagaimana kualitas pelayanan kita karena tujuan berdirinya Polres dan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya adalah untuk Menanjak dan Bersinar (Bekerja, Sinergi, Amanah dan Responsif)”, tegas Kapolres Kubu Raya.

Di tempat yang sama, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyampaikan apresiasinya kepada Polres Kubu Raya yang telah menjalin kerjasama dan selalu bersinergi dengan Pemerintah daerah dan ini merupakan perayaan HUT Bhayangkara yang pertama kali dilaksanakan di Polres Kubu Raya sejak berdiri 19 November 2019 lalu.

“Tentunya kehadiran Polres Kubu Raya yang sudah 12 tahun dinantikan sejak pemekaran dari Kabupaten Pontianak (sekarang berganti nama Kabupaten Mempawah) pada 17 Juli 2007 lalu, diperlukan sinergitas dalam menciptakan situasi yang lebih kondusif menjadi suatu kebutuhan. Tidak hanya sandang, pangan dan papan saja, melainkan memberikan rasa aman sudah menjadi kebutuhan utama bagi kita untuk masyarakat”, ucap Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, SH.

Bupati Kubu Raya pertama priode 2009-2014 itu menambahkan, dengan jumlah penduduk lebih dari 600 ribu jiwa dan 169 ribu rumah tangga yang tersebar di 10 Polsek ini diharapkan dapat memberikan injeksi bagi pemerintah daerah dalam membantu menjaga Kamtibmas. Meski saat ini dalam situasi menghadapi pandemi Covid-19, justru sinersitas Polri dan Pemerintah daerah harus lebih semangat lagi dalam memberikan ketangan dan ketertiban dimasyarakat luas.

“Untuk di Kubu Raya, tentunya dengan langkah-langkah mengkondusifkan keamanan dan ketertiban masyarakat dalam memperkuat desa-desa supaya orang tidak banyak urbanisasi dan pada akhirnya desa-desa akan lebih produktif lagi, pengangguran juga bisa cepat dikurangi dengan percepatan bagaimana masyarakat tidak meninggalkan desa-desa. Sehingga akhirnya masyarakat juga akan lebih produktif dalam membangun desa-desanya sesuai dengan tema HUT Bhayangkara ke-74 yaitu Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif”, jelasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Agus Sudarmansyah menilai, meski Polres Kubu Raya baru berdiri 7 bulan, namun keberadaannya sudah bisa dirasakan langsung oleh masyarakat dan reaksi cepat yang ditunjukan Polres Kubu Raya dalam menyikapi persoalan Kamtibmas juga sangat responsif. 

“Kita sangat mengapresiasi peran Polsek-polsek yang ada di 9 Kecamatan yang menjadi ujung tombak dalam memberikan rasa aman bagi masyarakat. Tentunya peran Polsek itu juga sangat luar biasa dalam menyikapi dinamika yang akhir-akhir ini semakin tinggi. Baik dinamika yang terjadi di daerah maupun di nasioanal. Namun Alhamdulillah, semoga saja semua dinamika yang terjadi di daerah dan nasional bisa tuntas dengan baik dan aman”, harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00