Koramil Jawai Tinjau Rencana Pembangunan Kanal Blocking Antisipasi Karhutla

KBRN, Sambas : Minggu (28/6/20) - Koramil 1208-04/Jawai, pada Sabtu (27/6) kemarin meninjau rencana pembangunan 10 buah sekat kanal (Kanal Blocking) di Desa Sarang Burung Danau, Kecamatan Jawai, Kabupaten Sambas.  Pembangunan kanal blocking ini sangat bermanfaat untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan, baik lahan pertanian maupun lahan perkebunan.

Pembangunan kanal ini merupakan program pemerintah Provinsi Kalbar akan dikerjakan secara Swakelola oleh PHG Sungai Sambas Besar. Yang tujuannya adalah untuk memelihara air sehingga lahan gambut itu tetap basah dan mencegah meluasnya kebakaran.

Komandan Koramil 04/Jawai, Kapten Inf Nazirin mengatakan, rencana pembangunan 10 buah sekat kanal di Desa Sarang Burung terlebih dahulu sudah dilakukan rapat Koordinasi sehari sebelumnya. Yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan peninjauan lokasi pembangunannya.

Menurutnya, pembangunan sekat kanal tersebut untuk menyiapkan sumber air yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar terutama para petani. Serta dapat juga disiapkan untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla di wilayah Kecamatan Jawai.

"Pembangunan kanal blocking ini sangat penting mengingat manfaat dari pembangunan tersebut langsung dapat dirasakan masyarakat khususnya para petani," katanya.

Ia mengatakan, dengan adanya pembangunan sekat kanal ini akan memudahkan TNI-Polri bersama stake holder dilapangan jika sewaktu - waktu terjadi Karhutla. Karena sumber air mudah didapat dan tidak jauh dari jangkauan.

"Ini nantinya akan memudahkan petugas, apabila terjadi Karhutla dapat efektif dan praktis secara cepat melakukan pemadamannya dengan tidak membuang-buang waktu terlalu lama," pungkasnya. (Pendam XII/Tpr/rri).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00