Satu Unit Rumah di Desa Parit Baru Terbakar

KBRN, Pontianak : Kebakaran melanda satu unit rumah yang juga dijadikan ruko semi permanen di jalan Nurul Huda Desa Parit Baru Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar), Minggu (22/5/2022) malam.

Ismail, satu diantara warga yang melihat langsung terjadinya kebakaran itu menceritakan, kebakaran terjadi sekira pukul 18.40 menit, saat itu dirinya sedang ingin membuang sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Desa Parit Baru.

"Sebelum saya sampai di TPS, tiba-tiba saya melihat api di salah satu rumah warga, kemudian saya mendekati lokasi ternyata api sudah mulai menghanguskan sebagian isi rumah", kata Ismail di lokasi kebakaran. 

Ismail menambahkan, 15 menit kemudian barulah datang 8 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Kubu Raya dan Kota Pontianak untuk membantu memadamkan api. 

"Api baru bisa dipadamkan 20 menit setelah 8 unit mobil damkar berjibaku memadamkan api. Di sinikan lokasinya sempit, sehingga menyulitkan mobil damkar untuk masuk ke lokasi kebakaran, sehingga dari 8 unit mobil damkar itu, ada mobil damkar yang memadamkan api dengan jarak 25 meter", ujarnya.

Dirinya belum bisa mengetahui penyebab terjadinya kebakaran ini, namun jika mobil damkar telat 10 menit saja, maka bisa menghanguskan bangunan di sampingnya, karena api semakin besar.

"Alhamdulillah, mobil damkar bisa lebih cepat datang, karena rumah yang terbakar ini disampingnya merupakan tokoh bangunan. Kalau api sudah merembet ke tokoh bangunan, tidak dapat saya bayangkan berapa banyak lagi rumah yang akan ikut terbakar", ucapnya.

Pantauan RRI di lapangan, musibah kebakaran ini mengakibatkan akses masuk ke Jalan Nurul Huda tidak bisa lewati karena ramainya warga sekitar yang ingin melihat langsung musibah kebakaran ini.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, PLN Rayon Sungai Raya harus melakukan pemadaman listrik di sejumlah Desa di Kecamatan Sungai Raya, diantaranya Desa Parit Baru, sebagian Desa Teluk Kapuas dan sebagian wilayah di desa Sungai Raya Dalam (Serdam).

Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran di Jalan Nurul Huda Desa Parit Baru ini dan belum bisa ditaksir berapa kerugian yang dialami warga korban kebakaran.

Sementara itu, untuk memastikan penyebab terjadinya kebakaran, Polsek Sungai Raya di back up Polres Kubu Raya dan Babinsa mengamankan Tempat Kejadian Perkara (TKP) dengan memasang police line.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar