Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Kapuas 2021, Wakapolda: Utamakan Keselamatan Bagi Pengguna Jalan

KBRN, Pontianak :  Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Asep Safrudin memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Kapuas 2021 di lapangan Jananuraga Polda Kalimantan Barat, Senin (20/9/2021). Apel Gelar pasukan tersebut bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh personel dalam rangka pelaksanaan Operasi Patuh Kapuas 2021. Selama 14 hari kedepan mulai tanggal 20 sampai 3 Oktober 2021 operasi tersebut dilaksanakan. 700 personil dilibatkan dari seluruh jajaran Polda Kalbar.

“Dengan memperhatikan 8 pelanggaran prioritas antara lain: tidak menggunakan helm, berboncengan melibih kapasitas, tidak menggunakan sabuk keselamatan, melawan arus, menggunakan ponsel saat berkendara, kelebihan muatan over dimensi dan penggunaan kendaraan yang menggunakan lampu strobo tidak peruntukannya,” jelas Asep.

Selain itu dimasa pandemi saat ini, jelas Wakapolda Kalbar, Pemerintah memberlakukan “Adaptasi Kebiasaan Baru” dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19, sebagai konsekuensi kita harus tetap mempedomani protokol kesehatan serta dilengkapi dengan alat pelindung diri.

“Dalam pelaksanaan operasi ini dilaksanakan secara tematik berdasarkan prioritas pelanggaran yang sering terjadi, berkurangnya jumlah pelanggaran dan laka lantas, meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, penggunaan masker dan sosial distancing serta terciptanya situasi kamseltibcar lantas yang aman dan nyama,” jelas Brigjen Pol Asep Safrudin.

Ia menambahkan salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas.

“Keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tak dianggap penting. Hal itu dapat ditunjukan dari kesadaran pengguna lalu lintas, baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor maupun pengguna jalan lainnya masih rendah,” tutup Brigjen Pol Asep Safrudin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00