Posko PPKM Tingkat Desa Diharapkan Tekan Penyebaran COVID-19

KBRN, Pontianak : Koramil Ngabang meninjau posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro di Desa Hilir Kantor dan Desa Amboyo Inti, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Senin (26/7/2021).

Pelda Saiful Batituud Koramil 1201-11/Ngabang mengatakan kegiatan tersebut mengacu pada Intruksi Komando Atas dalam hal ini TNI AD dalam pemberlakuan PPKM Skala Mikro dalam implementasi di lapangan berupa pembentukan Posko tingkat RT/RW.

“PPKM Mikro ini merupakan role model yang paling efektif dalam upaya penanganan Covid-19 di Indonesia, hal ini lantaran zona pengawasan diperkecil hingga tingkat RT,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Ngabang Yully Nomensen mengatakan, PPKM Mikro ini memberi efek nyata bagi warganya. Hal ini terbukti dengan berkurangnya pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

"Posko penanganan Covid-19 di tingkat desa atau kelurahan memiliki empat aspek penting, yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung. Aspek pencegahan terdiri dari sosialisasi, penerapan 3M, serta pembatasan mobilitas," jelasnya.

Aspek penanganan mengimplementasikan 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment hingga penanganan dampak ekonomi lewat bantuan langsung tunai (BLT) desa. Aspek pembinaan berupa upaya penegakan disiplin dan pemberian sanksi. Lalu, aspek pendukung yang terdiri pencatatan dan pelaporan, dukungan komunikasi, serta logistik.

“Kegiatan yang dilaksanakan untuk posko PPKM mikro ini adalah pendataan, testing, tracing dan treatment yang dilakukan tim gugus tugas posko PPKM di masing-masing desa,” tambahnya. (Rilis)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00