FOKUS: #PON XX PAPUA

PON XX Papua Sukses, Menpora: Luar Biasa

KBRN, Jayapura: Gelaran multievent paling bergengsi di tanah air, Pekan Olahraga Nasional XX Papua 2021, akan segera berakhir malam nanti.

Sebanyak 37 cabang dan 56 disiplin olahraga telah usai dipertandingkan dan secara umum terbilang sukses. Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali mengaku, puas dengan penyelenggaraan PON kali ini.

Dalam sesi wawancara khusus di Media Center LPP RRI PON XX dan Peparnas XVI Papua 2021, Jumat (15/10/2021), Menpora mengungkapkan, PON XX Papua menjadi istimewa karena ditengah kondisi pandemi bertabur pemecahan rekor di berbagai cabang olahraga.

“Saya termasuk orang yang tidak bisa membayangkan terciptanya 57 pemecahan rekor ditengah-tengah pandemi. Berarti secara prestasi itu sukses,” ujar Menpora.

Tidak hanya itu, Zainudin juga memuji prestasi yang ditunjukkan oleh atlet-atlet muda. Ajang pesta olahraga empat tahunan nasional terbukti melahrikan talenta muda yang bersinar. Kondisi ini dinilai sebagai bukti pemetaan pembangunan olahraga nasional yang mulai berjalan.

“Ada seorang atlet berusia 15 tahun (meraih-red) tiga medali emas. Dalam suasana Covid 19 seperti sekarang ini, itu luar biasa,” bebernya.

Disisi lain, Menpora juga menilai PON kali ini juga sukses mendorong perekonomian masyarakat. Terbukti pada setiap klaster pertandingan, banyak dijumpai para pedagang UKM yang meraup keuntungan.

Diakui Menpora, usainya pelaksanaan PON tidak lantas menghentikan denyut olahraga di Papua. Untuk jangka panjang, Pemerintah telah memberikan arahan kepada Pemerintah Daerah untuk membentuk kelembagaan atau badan untuk mengelola sarana dan asset olahraga pasca PON.

Pengelolaan sarana olahraga bertaraf internasional diharapkan dapat menjadi modal awal untuk mewujudkan usulan Papua kepada Pemerintah sebagai Provinsi Olahraga.

Sementara itu, dikesempatan yang sama, Kabaintelkam Polri, Komjen Pol Paulus Waterpauw, mengatakan, banyak pihak yang sebelumnya meragukan pelaksanaan PON di Papua. Namun semua itu terbantahkan dengan pelaksanaan pertandingan yang aman dan lancar.

“Sebelumnya ada keraguan diawal tentang keamanannya, nyatanya itu bisa dilaksanakan,” cetus perwira polisi yang juga tokoh masyarakat Papua itu.

PON XX Papua yang digelar dari tanggal 2-15 Oktober 2021 melibatkan 7039 atlet dari 34 provinsi di tanah air. Tampil sebagai juara umum Jawa Barat dengan 133 emas, 105 perak dan 115 perunggu. Pada posisi kedua DKI Jakarta dengan 110 emas, 91 emas dan 100 medali perunggu. Sementara Jawa Timur diposisi ketiga dengan 110 emas, 89 perak dan 88 perunggu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00