FOKUS: #PON XX PAPUA

Tim Puteri Jabar Susul Rekannya ke Final Bola Tangan

Hana Abigail Putri (hijau) asal Jawa Barat bersiap melakukan lemparan pada semifinal bola tangan putri antara Jawa Barat vs Papua di PON XX Papua yang bertempat di GOR Futsal, Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (13/10/2021). (Foto: PB PON XX PAPUA/Andry Prasetyo). , .jpg

KBRN, Timika: Tim Bola Tangan Putri Jawa Barat (Jabar), berhasil menyusul rekan mereka Tim Putra ke partai pamungkas, usai menumbangkan tuan rumah Papua di babak semifinal Bola Tangan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, yang berlangsung, Rabu (13/10/2021), di GOR Futsal SP2, Mimika.

Jabar menang dengan skor yang cukup meyakinkan atas Tim Puteri Papua 22-17.

Sejak babak pertama Jabar memimpin, selisih poin meski cukup tipis. Hingga pertandingan babak pertama berakhir 9-8 untuk keunggulan Jabar.

Pada babak kedua, di menit ke 13:14 Marselina pemain nomor punggung 10 kembali mencetak gol untuk Jabar, sehingga skor kerjaan berubah menjadi 17 bagi Jabar 12 untuk Papua.

Tidak butuh waktu lama Marselina memanfaatkan posisinya sebagai penyerang dengan kembali mencetak 1 poin. Aksinya membuat papan skor terus bergeser menjadi 19:13 untuk keunggulan Jabar.

Memasuki empat menit terakhir pertandingan semakin memanas, kedua tim menunjukan kebolehannya dan pada menit ke 28:13 Aprilia membawa Papua naik satu poin menjadi 16. 

Jelang akhir pertandingan, Papua terus mengejar. Anjelitha Aprillia Sada, melalui lemparan Selvina membuat Papua berada di poin 17.

Namun, usaha keras tim tuan rumah akhirnya kandas.  Jabar memenangkan pertarungan sengit dengan meraih 22 poin.

Joni Seprianus Sir, Pelatih Kepala Papua mengatakan, meski gagal melaju ke final tapi timnya sudah mempersembahkan penampilan terbaik karena bisa masuk ke babak semifinal berhadapan dengan Tim Jabar dan Kaltim.

"Kita tahu bahwa Jabar juara bertahan. Kalau kita berada ditahap ini, berarti anak-anak sudah memberikan penampilan terbaik," ujar Joni.

Menurutnya, tim Papua baik putra maupun putri hanya mengalami kendala jam terbang karena pandemi.

Kata Joni, Papua akan terus melakukan evaluasi teknik permainan saja, untuk pertandingan berikut memperebutkan perunggu.

"Sebenarnya untuk pertahanan tim kami sudah sangat hebat. Hanya saja finishing yang harus dievaluasi. Tapi kalau permainan mereka sudah harus diperhitungkan,” Tambah Joni.

Sementara itu, Irfan Benizar Lesmana pelatih Kepala Jabar, meminta dukungan doa dan restu dari masyarakat agar Jabar bisa meraih kemenangan dan dapat membawa pulang emas.

“Mohon dukunganya, agar berhasil di final. Anak-anak kami sudah melakukan yang terbaik. Saya sangat salut dengan pantia Sub PB PON Mimika yang sudah memberikan pelayanan terbaik,” kata Irfan.

Berdasarkan hasil pertandingan ini, maka Tim PutriJawa Barat akan bersua Kalimantan Timur di laga final yang akan berlangsung, Kamis (14/10/2021).

Sementara Papua akan menghadapi DKI Jakarta untuk memperebutkan medali perunggu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00