Kesiapan Infrastruktur Komunikasi PON Papua Sudah 100%

KBRN, Jayapura: Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate, melakukan kunjungan kerja ke Papua, Kamis (23/9/2021). Kedatangannya di Papua ini, guna memastikan kesiapan telekomunikasi dan informatika untuk mendukung penyelenggaraan PON XX.

Dalam kunjungan kerja ke Papua, Menteri Johnny didampingi Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong, Direktur Utama BAKTI Kominfo Anang Latif,  Direktur Layanan Aplikasi Pemerintah Ditjen Aplikasi Informatika Bambang Dwi Anggono, dan Direktur Telekomunikasi Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Aju Widyasari.

Setibanya di Ibu Kota Papua, Menkominfo beserta rombongan langsung melakukan pertemuan dengan Forkopimda Papua dan PB PON di Sasana Krida Kantor Gubernur Papua. Dalam pertemuan ini dilaporkan secara keseluruhan kesiapan dan dukungan kominfo di wilayah setempat.

Usai menerima laporan itu, Johnny memastikan kesiapan infrastruktur komunikasi untuk mendukung PON XX sudah 100% dan telah dilengkapi sistem backup yang tinggi.

“Kita pastikan bahwa transmisi data, suara dan gambar dapat dilakukan dengan baik untuk seluruh aktifitas PON XX di Papua. Jika ada masalah pun masih bisa terjaga dengan baik,” kata Johnny saat memberikan keterangan pers di Main Media Center di Kantor Gubernur Papua, Kamis (23/9/2021).

Ia pun menyatakan, guna memastikan akses internet untuk layanan pemerintahan dan kegiatan masyarakat tetap terpenuhi, maka infrastruktur backup juga sudah disiapkan, termasuk pemanfaatan jaringan fiber optik internasional.

“Jalur jaringan fiber optik internasional ini yakni Jayapura-Madang-Port Moresby-Guam-Manado dan Jayapura-Madang-Port Moresby-Sidney-Batam. Ini untuk mengcover kebutuhan transmisi dalam rangka penyelenggaraan PON dan aktifitas pemerintah maupun masyarakat,” jelasnya.

Lanjutnya, kata Johnny, Kemenkominfo melalui Dirjen IKP juga menyiapkan berbagai hal agar komunikasi publik saat PON dilakukan dengan baik. Dengan harapan, sukses PON ini tidak saja menjadi sukses penyelenggaraan saja tetapi juga sukses prestasi dan memberikan kegembiraan.

“Untuk itulah pentingnya media untuk menyampaikan berita PON yang menggembirakan rakyat, yang mengajak masyarakat untuk mengambil bagian dan mendukung serta bangga atas prestasi PON yang juga menjadi prestasi bangsa dan negara kita,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur BAKTI Kominfo Anang Latif mengungkapkan, BAKTI Kominfo juga telah membangun infrastruktur BTS 4G dan layanan akses internet gratis di Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Di Provinsi Papua, antara tahun 2015-2020 telah dibangun 213 lokasi BTS 4G dan direncanakan akan dibangun secara massif 4.380 BTS 4G lagi sampai dengan tahun 2022,” bebernya.

Ia mengakui, sampai saat ini BAKTI telah menggelar layanan akses internet gratis di 863 titik layanan publik di 30 kota/kabupaten di Provinsi Papua. Jumlahnya juga akan ditambah secara besar-besaran sebanyak 1.882 titik lagi sampai akhir tahun 2021 ini.

“BAKTI juga tidak melupakan pembangunan kapasitas ekosistem digital untuk memaksimalkan aspek positif dari kehadiran internet di Papua dengan program-program pengembangan UMKM digital, pelatihan bahasa, pelatihan guru dan dan lainnya,” imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00