Bayar Pakai Uang Palsu, Pria Ini Ditangkap

Kapolsek Pekanbaru Kota AKP Stevie Arnold Rampengan Pimpin Press Rilis Pengungkapan Uang Palsu, Selasa (14/7/2020).

KBRN, Pekanbaru: Kepolisian Sektor Pekanbaru Kota menangkap pria berinisial RS (30) tertangkap mengedarkan uang palsu kepada salah satu pekerja seks komersil (PSK) yang ia sewa.

Kapolsek Pekanbaru Kota AKP Stevie Arnold Rampengan mengatakan kejadian berawal ketika pelaku mengajak kencan seorang cewek melalui aplikasi online.

"Pelaku standby di hotel memesan wanita lewat aplikasi online. Setelah wanita dipesan dilakukan transaksi, setelah selesai pelaku membayar sejumlah uang sebesar Rp850 ribu," kata Kapolsek dalam keterangan persnya di Mapolsek Pekanbaru Kota, Selasa (14/7/2020).

Korban mengetahui uang palsu setelah mengecek uang yang diberikan pelaku yakni empat lembar uang pecahan Rp100 ribu dan 9 lembar pecahan uang Rp50 ribu

"Korban melihat uangnya tidak sesuai pada umumnya. Setelah dilakukan 3D (dilihat, diraba dan diterawang) tidak terlihat benang pengaman yang merupakan standar Bank Indonesia," ungkapnya.

Polisi masih memburu rekan pelaku berinisial R yang sudah ditetapkan DPO.

"Temannya berada di luar kota Pekanbaru dan masih dalam pengejaran. Dari rumah pelaku pun kita tidak menemukan alat-alat untuk mencetak," lanjutnya.

Sementara itu, dari pengakuan pelaku RS, uang palsu diperolehnya dari teman. Dirinya mengetahui uang palsu tersebut.

"Saya pesan melalui aplikasi online. Saya dapat uang dari teman saya secara cuma-cuma. Saya taunya pas udah di rumah uang itu palsu," jelasnya.

Atas perbuatannya, tersangka pun dikenakan pasal 244 KUHP dan pasal 36 UU No 7 tahun 2011 tentang mata uang rupiah yang disalahgunakan, dengan ancaman 15 tahun penjara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00