Kasus Korupsi UNJ Dihentikan, Ini Tanggapan KPK

Tanggapan KPK Soal Penghentian Penyelidikan Dugaan Korupsi Pejabat UNJ. (Dok: Anggi/RRI)

KBRN, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merespon positif terkait Polda Metro Jaya menghentikan penyelidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi pejabat Universitas Negeri Jakarta (UNJ) terhadap Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dikatakan, pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri pihaknya selalu mengikuti tahapan penyelidikan yang dilakukan oleh kepolisian dalam hal ini Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. 

"KPK memiliki koordinator supervisi untuk pencegahan. Malan ikut mwngawal kasus penyelidikan dari KPK sudah melakukan penyelidikan dan diikuti juga oleh unit Korsubbag KPK, dan ikut juga dalam gelar perkara. KPK ikut di sana berdiskusi hasil penyelidikan Polda Metro Jaya," ujar Ali dalam jumpa wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (09/07/2020). 

Meski demikian, Ali mengaku bahwa pihaknya tidak menutup kemungkinan akan kembali melanjutkan kasus tersebut bilama ada temuan baru. "Kalau ada temuan baru, nanti kasus itu akan dibuka kembali," tegas Ali. 

Disisi lain, Ali mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh pihak kepolisian dalam penyelidikan perkara tersebut. Ia menambahkan bahwa perkara ini akan dilimpahkan ke Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dalam hal ini Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"KPK apresiasi dan mengharagai penyelidkan yang ada. Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan saksi dan ahli tidak ditemukan pidana sehingga dilimpahkan ke aparat pengawas pemerintah," tuntasnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya menghentikan kasus dugaan tindak pidana korupsi pejabat Universitas Negeri Jakarta (UNJ) terhadap Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Tidak menemukan unsur pidana menjadi penyebab pengehentian penyelidikan kasus tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00