Polda Babel Turunkan 640 Personil Pada Operasi Aman Nusa II Non Bencana Alam

KBRN, Sungailiat : Untuk pelaksanaan Operasi Aman Nusa II Non Bencana Alam, Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menurunkan 640 personil dari seluruh jajaran kepolisian.

Dari jumlah itu 240 personil diantaranya dari Polda Babel, dan selebihnya personil dari masing - masing wilayah polres yang penugasannya difokuskan pada kegiatan mengarah pada pencegahan virus corona di lingkungan masyarakat.

Ketika melakukan pemantauan di wilayah Kabupaten Bangka, Kepala Biro Operasional Polda Babel, Kombes Pol Sihar Manurung mengatakan untuk kondisi di Indonesia sekarang ini adalah darurat kesehatan, yang tidak bisa dihindari, karena penyebaran virus corona yang menjadi permasalahan dunia dan terdapat ribuan warga menjadi korban, bukan dari udara, bukan dari hewan, bukan dari tumbuhan, tetapi atas kontak dari manusia ke manusia.

"Untuk kegiatan yang mendatangkan masyarakat itu ditiadakan, sudah ada instruksi dari gubernur menyampaikan maklumat Polri, jangankan nongkrong di cafe, acara pernikahan, rapat kerja pun ditiadakan," kata Sihar Manurung, Rabu (25/3/2020).

Untuk di Polda sendiri, sudah menerapkan sejumlah pembatasan aktivitas sesuai SOP yang ditetapkan dalam penanggulangan penyebaran covid 19, seperti meniadakan sementara kegiatan apel, di lingkungan Polda sudah menyediakan pembersih tangan, bagi setiap pengunjung yang datang bisa cuci tangan.

Kedepan juga akan dibuat 4 pintu masuk, sekaligus akan menyemprotkan setiap kendaraan yang keluar masuk, baik di dalam maupun di bagian luar mobil.

Meskipun terjadinya kontra di masyarakat dengan pembatasan kegiatan yang mengarah pada mengumpulkan massa ini, dikatakan Sihar Manurung, harus menerima kondisi darurat seperti ini, sebagai antisipasi dini sebelum terjadinya kasus di Kepulauan Bangka Belitung. 

Untuk penyebaran virus ini, terdata 150 Orang Dalam Pengawasan (ODP), 17 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan  5 orang dinyatakan sudah kembali.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00