Polisi Ungkap Habil Marati Pemberi Dana Rencana Pembunuhan

KBRN, Jakarta : Kepolisian sudah mengungkapkan, terduga penyandang dana rencana pembunuhan empat tokoh dan seorang pemimpin lembaga survei di Jakarta, adalah Habil Marati (HM), yang memberikan uang kepada Kivlan Zen dan Iwan.

Habil sudah ditangkap dan menjadi tersangka bersama Kivlan serta Iwan. Habil ditangkap di rumahnya kawasan Jakarta Selatan pada Rabu, 29 Mei 2019 yang lalu.

"Tersangka HM berperan memberikan uang, yang diterima tersangka KZ (Kivlan Zen). Maksud dan tujuannya adalah untuk pembelian senjata api," jelas Wakil Direktur Krimum Polda Metro Jaya AKBP Ade Ary Syam Indradi melalui konferensi pers di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (11/6/2019).

Habil menyerahkan uang sebesar SGD 15.000 atau setara dengan Rp150 juta sebagai dana operasional, yang kemudian digunakan Kivlan untuk mencari eksekutor (pembunuh) sekaligus memberi target empat tokoh nasional kepada mereka. 

Selain kepada Kivlan, Habil juga memberikan uang Rp l60 juta kepada tersangka HK alias I (Iwan) untuk biaya operasional dan pembelian senjata api. 

Polisi sudah menyita handphone yang digunakan Habil Marati untuk berkomunikasi, berikut printout rekening bank milik yang bersangkutan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00