Oknum BJB Diduga Bobol Miliaran Dana Nasabah

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto

KBRN, Pekanbaru: Penyidik Direktorat Reskrimsus Polda Riau menetapkan oknum pegawai Bank Jawa Barat Banten (BJB) sebagai tersangka. Pria berinisial TDC tersandung kasus perbankan diduga membobol nasabah bank senilai miliaran rupiah. 

"Penyidik telah menetapkan status tersangka atas nama TDC dalam perkara perbangkan Bank BJB pada hari Selasa tgl 28 April 2020," kata Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto, Senin (4/5/2020). 

Sunarto menyatakan, TDC telah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka.

"Pemeriksaan dilakukan hari ini. Saat ini masih berlangsung," kata Sunarto.

Sunarto menjelaskan, pemeriksaan itu untuk melengkapi berkas perkara tersangka, menyusul telah dikirimnya Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau.

Diungkapkan, TDC yang merupakan pegawai perempuan itu dimintai keterangan penyidik Ditreskrimsus sejak pukul 10.00 WIB hingga petang ini. 

Disinggung, apakah perempuan berwajah cantik itu akan dilakukan penahanan usai diperiksa, Sunarto mengaku, tidak dapat memastikannya.

"Itu kewenangan penyidik," ucap dia.

Informasi yang dihimpun, TDC diduga membobol rekening nasabah pada medio 2014 hingga 2017. Tindakan itu diketahui dari kecurigaan pemilik dan pengelola rekening yang merasa fasilitas kreditnya di bank tersebut tidak kunjung lunas, padahal dana yang masuk ke rekening itu telah melebihi kewajibannya selaku debitur.

Disinyalir dana tersebut sengaja disalahgunakan dan diambil oleh oknum pegawai bank dengan berbagai modus. Antara lain, memalsukan tandatangan pemilik rekening, menggunakan cek yang diambil diam-diam, atau menggunakan cek yang tidak pernah diberikan kepada nasabah yang masih ada di bank.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00