Verifikasi Pendukung Perseorangan Lewat 'Video Call' Diperbolehkan

Warga melintas di depan mural bertema pemilihan umum di kawasan Pasar Anyar, Kota Tangerang, Banten (ANTARA FOTO/Fauzan/aww)

KBRN, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) bakal melakukan verifikasi faktual dalam tahapan calon perseorangan, Sabtu (26/6/2020) nanti. 

Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan Yanuk Sri Mulyani mengatakan, mengingat masa pandemi Covid-19 masih ada, proses verifikasi dilakukan dengan tahapan protokol kesehatan, hingga diperbolehkan melalui video call pada aplikasi ponsel pintar, bila berhalangan datang ke Kantor KPU.

"Jadi petugas dan orang yang akan diverifikasi menggunakan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, mencuci tangan dan lainnya. Untuk yang tidak bisa bertemu langsung bisa dilakukan dengan video call," kata Yanus kepada RRI, Sabtu (20/6/2020).

Yanuk menyebut, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan proses tersebut. Ia mengimbau, pasangan bakan calon juga dapat menginformasikan kepada pendukungnya untuk bersiap.

"Jadi yang berencana keluar kota, jangan dulu. Pasangan bakal calon agar juga dapat mensosialisasikannya, kita sudah sampaikan itu," sebutnya.

Ditambahkan, ada sekitar 360 ribu berkas calon pendukung yang akan diverifikasi. Verifikasi dilakukan terhadap bakal calon independen Fakhrizal dan Genius Umar.

Sementara untuk Pilkada di kabupaten kota juga terdapat 8 bakal calon independen yang juga dilalukan verifikasi serentak.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00