Salurkan Kepentingan, Purnawirawan Disarankan Bikin Partai Baru

KBRN, Jakarta : Para purnawirawan TNI disarankan untuk mendirikan partai politik demi kepentingan rakyat dan menyuarakan aspirasi mereka.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Riview (IPR), Ujang Komarudin mengatakan, yang cocok dengan para purnawirawan adalah partai yang berhaluan nasionalis.

"Saya menyarankan bagaimana para purnawirawan TNI membentuk parpol berhaluan nasionalis, itu diprediksi mendapatkan dukungan rakyat luas," kata Ujang di Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Meski demikian, diingatkannya kalau partai yang berisi para purnawirawan itu harus memiliki figur yang kuat dan bagus. Sebab tipologi masyarakat Indonesia selama ini masih membutuhkan figur sentralistik.

"Misalnya SBY membentuk Demokrat dan Prabowo mendirikan Gerindra karena ketokohannya," katanya.

Lebih lanjut pengajar Ilmu Politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) ini menekankan kalau wajar apabila para purnawirawan mendirikan parpol. Karena dalam sistem demokrasi Indonesia, langkah untuk merebut kekuasaan adalah cara-cara konstitusional, bukan dengan parlemen jalanan. Lagi pula purnawirawan memiliki hak yang sama dengan pendukuk lainnya. Yakni hak dipilih dan memilih.

"Seperti sebelumnya kan sudah ada purnawirawan yang membentuk parpol seperti Gerindra, Demokrat, Hanura, dan PKPI," imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00