Seluruh Fraksi di DPRD NTB Sepakat Raperda Perlindungan dan Pemenuhan Hak Disabilitas Jadi Perda

KBRN, Mataram : Juru bicara fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Haji Lalu Darmasetiawan mengatakan, peraturan daerah (Perda) tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Disabilitas sangat penting keberadaannya.

Pasalnya para penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan masyarakat lainnya dalam berbagai hal.

“Karenanya Fraksi Golkar menyetujui keberadan perda tersebut dalam melindungi dan memenuhi hak para difabel,” katanya, Senin (14/1/2019) pada Rapat Paripurna ketiga tentang Tanggapan Fraksi-fraksi terhadap pendapat gubernur atas 4 buah Raperda Prakarsa DPRD NTB.

Ia mengatakan, mewujudkan upaya perlindungan dan pemenuhan hak para difabel secara optimal dengan memenuhi segala aspek hidup berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

Disamping itu juga meningkatkan taraf kehidupan, kemandirian dan kualitas hidup serta melindungi dari eksploitasi, pelecehan dan segala tindakan diskriminasi.

“Kepastian upaya perlindungan dan pemenuhan hak untuk mengembangkan dengan mendayakan seluruh kemampuan sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki,” ucapnya.

Sementara itu, Juru Bicara Fraksi P3 NTB Haji Muzihir menyebutkan, setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam berbagai aspek kehidupan.

“Karena para difabel sebagai bagian dari masyarakat di daerah ini memiliki hak untuk hidup dan berkembang secara adil serta bermartabat,” urainya.

Oleh karena itu keberadan perda ini sangat tepat dalam mendukung peningkatan taraf hidup dan kesejahteraannya dalam hidup berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

Sedangkan fraksi-fraksi lainnya tidak membacakan pemandangan umum terhadap empat buah raperda prakarsa DPRD NTB dan hanya diserahkan kepada pimpinan sidang paripurna yang dipimpin Wakil Ketua Haji Abdul Hadi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00