Doli Yakin Pelaksanaan Pilkada Berhasil

KBRN, Jakarta: Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia menyebut adanya koordinasi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, telah sangat berjalan dengan baik.

Dengan adanya koordinasi kesiapan Mendagri itu, ungkap Doli, merupakan representasi akan keseriusan pemerintah dalam tetap menjalankan pesta demokrasi Pilkada yang dilaksanakan pada 270 daerah, meski wabah pandemi masih belum dipastikan berakhir.

“Saya kira kami dari Komisi II DPR RI sangat menyambut baik kegiatan atau agenda yang diinisiasi oleh Kemendagri dalam pelaksanaan rapat koordinasi di daerah-daerah. Jadi ini menunjukkan bahwa pemerintah dan kita semua sangat serius mempersiapkan Pilkada Serentak ini dengan protokol Covid-19 yang cukup ketat,” tuturnya.” kata Doli usai menghadiri Rakor Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Medan, Sumatera Utara (03/07/2020).

Dengan gencarnya koordinasi yang dilakukan tersebut, pihaknya ucap politisi dari partai Golkar itu, mengaku optimistis pelaksanaan Pilkada Serentak dapat berjalan dengan lancar dan aman dari Covid-19.

“Jadi kalau ada selama ini perdebatan apakah kita bisa melakukan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 dalam situasi pandemi, ini kalau kita lihat dari pertemuan atau rapat koordinasi teknis ini kita optimis," ucapnya.

"Karena tadi kita mendengarkan pernyataan dari Pak Gubernur, dari KPUD, Bawaslu, semuanya menyatakan siap, jadi tidak ada lagi nanti hal-hal teknis yang menjadi alasan kalau kita tidak akan siap,” jelasnya lagi.

Meski demikian, Doli menuturkan bahwa dalam seluruh rangkaian pelaksanaan Pilkada serentak yang diputuskan akan digelar pada 9 Desember mendatang itu, masih menyisakan sejumlah tugas yang belum terselesaikan.

Dimana tugas-tugas tersebut, salah satunya yakni terdapat pada penguatan partisipasi masyarakat untuk turut serta dalam Pilkada 2020, dengan tetap memberikan rasa keamanan masyarakat akan pandemi virus Covid-19.

“Setelah ini PR-nya masih banyak, mudah-mudahan kita bisa melaksanakan Pilkada ini dengan cukup baik, baik itu pengertiannya adalah tingkat partisipasi cukup baik tinggi, masyarakat tetap sehat, kita semua selamat dari pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00