Hadapi Pilkada 2020, TNI Diingatkan Menjaga Netralitas

KBRN, Jayapura: Netralitas TNI dalam mengawal pilkada di Kabupaten Keerom tahun 2020 wajib untuk menjadi perhatian khusus di Jajaran Kodim 1701 Jayapura, dibawah Komando Pejabat baru Dandim 1701 Jayapura,  Letkol Inf. Edwin Apria Chandra.

Hal itu yang menjadi penekanan Danrem 172 Praja Wira Yakti, Brigjen TNI Izak Pangemanan seusai memimpin serah terima jabatan Dandim 1701 Jayapura, dari pejabat lama Kolonel Inf. Jerry Simatupang, kepada pejabat baru Letkol. Inf. Edwin Apria Chandra.

Danrem mengatakan netralitas TNI dalam pelaksanaan pilkada di Kabupaten Keerom pada bulan Desember 2020 mendatang, adalah hal yang wajib untuk di laksanakan dengan baik, untuk itu, Danrem berpesan kepada pejabat Dandim 1701 Jayapura untuk mempersipakan berbagai hal dalam upaya mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkada di kabupaten Keerom, sebab diketahui kabupaten keerom adalah wilayah yang berbatasan langsung dengan Negara tentangga PNG, sehingga butuh pendekatan khusus agar agenda Pilakda serentak bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar.

“Kepada Dandim 1701 Jayapura yang baru, Letkol. Inf. Edwin Apria Chandra, harap mempersipkan berbagai hal dalam dukungan sukses pelaksaan pilkada di Kabupaten Keerom, tahapan pelaksaan pilkada dan dukungan pengamanan harus di persiapkan dengan baik, dan pastikan netralitas aparat TNI tetap terjaga, sebab tidak ada toleransi bagi aparat TNI yang tidak netral dalam Pilkada”, tegas Danrem 172/Praja Wira Yakti, Brigjen TNI. Izak Pangemanan, Jumat (03/07/2020).

Ditambahkan Danrem, selain mengawal kesiapan tahapan Pilkada di Kabupaten Keerom, saat ini Kodim 1701 Jayapura juga diperhadapkan dengan Pandemi Covid 19 yang terus meluas di wilayah teritorialnya, yaitu di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom, untuk itu sinergitas dengan unsur pemerintah daerah dan juga kepolisian harus terus di tingkatkan dan diperkuat, agar penanganan Covid 19 bisa lebih terintegrasi dan tepat sasaran, sehingga angka kasus Covid 19 di territorial Kodim 1701 Jayapura bisa semakin di tekan.

“Covid 19 menjadi ancaman bersama, Dandim Jayapura wajib untuk memperkuat sinergitas bersama dengan pemerintah daerah, dan unsur Kepolisian, agar penyebaran Covid bisa dieliminir dengan lebih maksimal. Covid 19 adalah musuh bersama, sehingga penaganannyapun butuh kerjasama lintas sektor yang lebih intens”, kata Danrem.

Pelaksanaan serah terima jabatan Dandim 1701 Jayapura dari pejabat lama Kolonel Infanteri Jerry Simatupang, ke pejabat baru letkol infanteri Edwin Apria Chandra berlangsung cukup sederhana dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Kolonel Infanteri Jerry Simatupang saat ini di promosikan sebagai Danbrigif 11/Badik Sakti, Kodam XIV Hasanuddin, sementara untuk pejabat Dandim 1701 Jayapura yang baru, Letkol. Inf. Edwin Apria Chandra, sebelumnya menjabat sebagai wakil komandan grup 2 Kopasus di Surakarta, Jawa Tengah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00