Tahapan Pilkada Belu, Bakal Calon Perseorangan Diverifikasi

Pilkada/ Ilustrasi/ Istimewa

KBRN, Atambua: Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Belu dilanjutkan. Sejauh ini tahapan Pilkada sudah sampai pada tahap verifikasi aktual bakal calon perseorangan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu NTT Mickhael Nahak mengakui, setelah adanya edaran resmi dari KPU RI, lanjutan tahapan telah mulai dilakukan KPU Belu. Tahapan yang diawali dengan bimbingan teknis kepada PPK dan PPS terkait verifikasi faktual bakal calon perseorangan dan tahapan yang tengah dilakukan saat ini verifikasi faktual oleh PPS yang telah dilakukan sejak 27 juni hingga 10 juli 2020.

“Tahapan lanjutan saat ini tengah dilakukan verifikasi faktual bakal calon perseorangan," ungkapnya kepada RRI Rabu (01/07/2020).

Dikatakan,pelaksaan verifikasi faktual seluruh petugas menggunakan alat pelindung diri (APD) yang telah di distribusikan oleh KPU dan hingga saat ini 30% dari syarat dukungan yang telah di lakukan verifikasi.

"Dalam tahapan ini petugas harus menemui pendukung secara langsung karena tahapan dilakukan ditengah pandemi Covid 19, kami telah mendistribusikan APD seperti masker, sarung tangan, handsanitaiser, alat cuci tangan, ini bagian dari protokol kesehatan yang wajib dijalankan dalam setiap tahapan,” urainya.

Setelah verivikasi faktual, tahap selanjutnya yakni rekapitulasi dukungan syarat calon perseorangan, dengan melihat dukungan yang memenuhi syarat minimal sepuluh persen, selanutnya jika dalam rekapitulasi dukungan tidak memenuhi syarat masih diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan dengan menyerahan dokumen kekurangan dua kalipat.

“Setelah verifikasi faktual ini kami lanjutkan dengan rekapitulasi untuk melihat jumlah dukungan yang memenuhi syarat nanti akan diberikan kesempatan untuk perbaikan jika syarat dukungan tidak memenuhi jumlah dukungan yang di tentukan maka dinyatakan tidak memenuhi syarat,” Pungkasnya.

Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Belu dari pasangan perseorangan, yang telah resmi mendaftarkan diri ke KPU Belu yaitu pasangan, Vinsen Loe dan Arnaldo Da Silva Tavares atau Paket Viva Mateke.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00