Sah, Demokrat Bangun Koalisi Bersama Golkar

KBRN, Jakarta: Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 sudah di depan mata, walaupun pandemi Covid-19 masih membayangi Indonesia. Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi menyatakan membangun koalisi di daerah bersama Partai Golkar dalam pelaksanaan Pilkada 2020 yang akan berlangsung pada, Rabu (9/12/2020).

"Kalau itu kebaikan, bisa kita bangun koalisi di daerah," ujar AHY kepada wartawan usai melakukan pertemuan tertutup bersama Pengurus Partai Golkar di DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (25/6/2020) malam.

Baca juga: Usai PBNU, Pertemuan Tertutup AHY di Golkar

Rencana AHY disambut positif oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. Bahkan, Airlangga yang saat ini menjabat Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia itu langsung menyebutkan jumlah bakal calon pasangan kepala daerah disandingkan dengan Demokrat.

"Dalam Pilkada 2020, ada 33 pasangan Partai Golkar dengan Partai Demokrat, dan ada potensi 31 daerah lainnya," kata Airlangga.

Namun, dalam pernyataannya Airlangga tidak memerinci nama dan daerah bakal calon pasangan calon diusung bersama Partai Demokrat tersebut.

"Dalam era multipartai, banyak kepala daerah, yaitu gubernur, bupati, wali kota berasal dari partai. Dukungan dari partai politik, baik yang ada di dalam pemerintahan maupun di luar pemerintahan juga dibutuhkan," ungkap Airlangga.

Dia juga menyebutkan perumpamaan pertemuan dengan Demokrat yang saat ini baru dipimpin oleh AHY, putra sulung mantan Ketua Umum Demokrat sekaligus Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Jadi (pertemuan, red) ini adalah pengalaman pengalaman kerja sama antar partai di dalam menata politik dan kehidupan berbangsa," terang Airlangga.

Selain itu, Airlangga menjelaskan, pertemuan bersama AHY dan pengurus Demokrat itu juga membahas perihal kerja sama di tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

"Dan kami juga membahas kebangkitan perekonomian pasca pandemi Covid-19 dan terkait rancangan undang-undang yang dibahas di DPR RI," kata dia.

Pertemuan AHY di DPP Golkar malam ini, didampingi oleh Ketua Fraksi DPR RI Partai Demokrat Edhi Baskoro Yudhoyono, Wakil Ketua DPP Partai Demokrat Benny Kabur Harman, Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Teuku Rifky Harsa, dan Bendahara Umum DPP Partai Demokrat Renville Antonio.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00