Catat, Pilkada Serentak Tetap Diselenggarakan 9 Desember

Ilustrasi Pilkada Serentak (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Komisioner KPU Pramono Ubaid Tantowi menyatakan bahwa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 akan tetap diselenggarakan pada 9 Desember 2020.

"Tapi, tentu saja Undang-undang atau Perppu juga membuka peluang jika memang corona masih belum ditangani dengan baik, maka ada peluang pemungutan suaranya ditunda kembali," kata Pramono kepada RRI, Kamis (25/6/2020).

Ia mengatakan bahwa persiapan yang dilakukan KPU sejauh ini sudah siap termasuk regulasi dan Sumber Daya Manusia (SDM). Intinya, terang Pramono, Pilkada 2020 akan tetap digelar dengan protokol kesehatan.

"Jadi, peraturan pemerintah di UU, rekomendasi dari gugus tugas, hasil keputusan bersama antara KPU, pemerintah, dan DPR memang mengisyaratkan bahwa pilkada serentak 2020 bisa dilaksanakan 9 Desember 2020 jika seluruh tahapan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan," ujarnya.

"Dari sisi regulasinya sudah siap semua, tinggal kemudian dari sisi sumber daya manusia, saat ini prosesnya jajaran kami sampai di tingkat desa, kelurahan sudah siap," sambungnya.

Selain itu, terangnya, peraturan KPU tentang tahapan program dan jadwal KPU juga akan menindaklanjuti Perppu Nomor 2/2020. Hal itu dilakukan KPU karena sisi regulasi dari Perppu Nomor 2/2020 sudah keluar.

"KPU akan menindaklanjuti dengan merevisi peraturan KPU tentang tahapan program dan jadwal. Inilah yang menjadi dasar bagi pelaksanaan setiap tahapan Pilkada sampai hari pemungutan suara dan keluar hasil akhirnya. Selain peraturan KPU tentang tahapan program dan jadwal, KPU juga menindaklanjuti dengan menyusun peraturan KPU yang berisi protokol kesehatan di setiap tahapan yang akan kita laksanakan," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00