Susul Rival Gibran, Bakal Calon Wakil Wali Kota Solo juga Mundur

KBRN, Surakarta: Bakal Calon Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakoso dikabarkan juga akan mengundurkan diri manakala Pilkada tetap akan dilakukan tahun ini. Informasi tersebut dibenarkan pasangannya, Bakal Calon Wali Kota Surakarta dari PDI Perjuangan, Achmad Purnomo.

Achmad Purnomo merupakan rival dari putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), yakni Gibran Rakabuming Raka. Teguh Prakoso dan Achmad Purnomo sendiri merupakan pasangan  yang diusung Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Surakarta. Mereka rupanya kompak mengundurkan diri jika pilkada tetap dilaksanakan 9 Desember 2020.

Saat dikonfirmasi Achmad Purnomo menjelaskan, mereka sepakat mengundurkan diri. Surat permohonan pengunduran diri dari pencalonan akan dikirim bersamaan dalam satu paket.

"Saya sudah menghubungi Pak Teguh. Beliau sependapat dengan saya dan kami akan bersama-sama mundur. Awalnya saya sendiri tapi ternyata beliau sama ya sekalian," katanya, Sabtu (25/4/2020). 

Purnomo berjanji Bakan segera bertemu dengan politikus yang kini menjabat Sekretaris DPC PDIP Solo itu. Pertemuan itu untuk mematangkan konsep pengunduran diri.

"Selanjutnya draft tersebut disampaikan kepada DPC untuk diteruskan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai. Alasannya adalah negara ini masih dalam kondisi wabah. Tidak etis menyelenggarakan pemilu," terangnya.

Sementara itu Ketua DPC PDIP Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo mengaku bakal menerima pengunduran diri pasangan Purnomo-Teguh. Rudy sendiri memiliki pandangan yang sama dengan Purnomo terkait pelaksanaan pilkada. Menurutnya pilkada pada 9 Desember 2020 sangat tidak realistis.

"Kalau pak Teguh juga mau mundur ya solahkan. Berdua menghadap DPC, suratnya mana, nanti kita kirim ke DPP. Keputusan akhir ada di sana," katanya.

Sementara itu Teguh Prakoso belum dapat dikonfirmasi. Saat dihubungi telepon selulernya dalam kondisi off.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00