Bawaslu Pastikan Kawal Verfak Calon Perseorangan di 3 Kabupaten

KBRN, Pontianak : Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat menegaskan bahwa jajarannya tetap menjalankan fungsi pengawasan pasca daerah ini dinyatakan KLB Corona atau Covid-19.

Usai mengawal tahapan verifikasi administrasi terhadap dukungan calon perseorangan, dalam waktu dekat Bawaslu khususnya di tiga kabupaten yaitu Ketapang, Sekadau dan Kapuas Hulu akan mengawasi verifikasi faktualnya dukungan calon perseorangan. 

"Pengawasan terhadap proses pencalonan dalam hal ini calon perseorangan sudah dilakukan verfak administrasi oleh KPU. Kita sendiri sudah mendapatkan data siapa saja calon perseorangan mana yang harus diverifikasi faktual misalnya ASN, TNI, Polri, kita sudah kantongi jumlahnya," kata Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Provinsi Kalbar Faisal Riza, Sabtu (21/3/2020). 

"Kita juga lihat perkembangan dengan situasi Corona ini, kalaupun proses berlanjut, maka kita juga akan membekali para pengawas desa menyiapkan fasilitas untuk pencegahan corona," timpalnya. 

Faisal juga menerangkan untuk dukungan berupa foto kopi KTP elektronik akan langsung dicoret jika memang KTP yang memberi dukungan itu masih aktif sebagai ASN, TNI dan Polri. 

"Didalam PKPU, ASN, TNI Polri tidak boleh mendukung pasangan calon perseorangan termasuk perangkat desa. Nah, dalam dukungan itu mencantumkan jenis pekerjaan dari pantauan kota sudah ada, tapi wajib untuk diverifikasi faktual. Apakah memang masih aktif atau sudah pensiun," tegasnya. 

"Jika memang ditemukan dukungannya dari ASN atau TNI Polri yang masih aktif, maka akan langsung dicoret," tutup Faisal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00