Kalbar KLB Corona, KPU Tetap Jalankan Verfak Dukungan Calon Perseorangan

KBRN, Pontianak : Ketua KPU Provinsi Kalbar Ramdan memastikan jika tahapan Pilkada Serentak tetap berjalan meski daerah ini ditetapkan KLB Covid-9 atau Corona. 

Dalam waktu dekat KPU khususnya di tiga daerah yaitu Kabupaten Sekadau, Kapuas Hulu dan Ketapang akan menjalankan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan. 

"Berdasarkan tahapan kita akan melaksanakan verifikasi faktual pada 26 Maret ini, karena ini tahapan sehingga tetap dilaksanakan," katanya di Pontianak, Sabtu  (21/03/2020). 

Terkait KLB Corona, Ramdan memyebutkan jika pihaknya sudah memberikan arahan kepada KPU di tingkat kabupaten untuk senantiasa mematuhi arahan KPU RI dan berkoordinas dengan Pemkab setempat. Sehingga saat melakukan verifikasi faktual, petugas KPU tetap terjaga kesehatannya. 

"KPU RI menyikapi juga terkait virus corona atau covid-19 ini sehingga diseluruh Indonesia kami diminta untuk menyampaikan progres setiap provinsi melalui vidcon, dan kita sudah menyampaikan untuk kondisi Kalbar yang KLB corona," ujarnya. 

"Dalam melakukan verifikasi faktual calon perseorangan, verifikator sedapat mungkin membatasi kontak langsung dengan pihak yang diverifikasi. Membatasi kegiatan dalam tahapan calon perseorangan yang melibatkan jumlah yang masif, baik didalam dan atau luar ruangan. Mematuhi ketentuan memakai masker, menyiapkan hand sanitizer dan menghindari jabat tangan saat verifikasi faktual bakal calon perseorangan," tambah Ramdan. 

Verifikasi faktual mulai  dilakukan tanggal 26 Maret hingga 15 April 2020, dengan metode sensus. Dimana nantnya,  petugas KPU akan mendatangi masyarakat yang sebelumnya telah menyatakan mendukung calon perseorangan dengan menyerahkan bukti fotokopi KTP elektroniknya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00