Pegawai KPK Berubah Menjadi ASN?

Komisioner KASN Tasdik Kinanto saat jumpa pers di Gedung KPK (Eko Sulestyono)

KBRN, Jakarta : Komisi Apararur Sipil Negara (KASN) berjanji akan membantu persoalan alih status kepegawaian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Aturan terkait hal tersebut telah ada berdasarkan Undang-Undang (UU) KPK yang baru, status kepegawaian pegawai KPK adalah Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kami (KASN) mendukung untuk bantu bagaimana menyelesaikan persoalan alih status," ujar Ketua KASN, Agus Pramusinto di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Sementara itu, Komisioner KASN Tasdik Kinanto mengatakan. sampai saat ini progres alih status kepegawaian tengah dirumuskan terkait masalah gaji.

“Tadi informasinya sedang dirumuskan terkait masalah penggajian dan lain sebagainya," jelas asdik Kinanto.

Menurut Tasdik, dalam pengalihan status ASN, pegawai KPK sendiri memiliki dua status yakni PNS dan non PNS serta PPK. Nantinya dalam pengalihan status ASN akan dilihat syarat dan formasi yang dibutuhkan oleh KPK.

“Nanti tergantung kebutuhan formasinya. Kan penyidik kalau dia memang udah jadi aparat kepolisian, kan udah bukan lagi ASN. Itu statusnya bisa dibebastugaskan, tapi statusnya jadi anggota kepolisian," jelasnya.

Maka dari itu, untuk mempercepat proses pengalihan status ASN pegawai KPK ini, diperlukan dorongan dan koordinasi dengan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negera & Reformasi Birokrasi (MenPAN & RB). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00