Walhi Gelar Aksi Sepedaan Gugatan Polusi Udara 

Kegiatan Walhi (Ilustrasi/Dok. Istimewa/Twitter Walhi)

KBRN, Jakarta: Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) rencananya pada Senin (6/7/2020) menggelar aksi sepedaan untuk mengawal Gugatan Polusi Udara Masyarakat Sipil yang dilakukan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.  

Aksi ini dimulai dari  Pos Polisi Bundaran HI pada pukul 8.30. 

Aksi ini bertepatan 1 tahun gugatan polusi udara yang masih digantung negara.

"Kualitas udara Jakarta yang selalu menempati urutan paling tidak layak seolah - olah tidak menjadi prioritas pemerintah selama ini,"kata Walhi di akun Twitternya.

Sebelumnya, gugatan ini bergulir sejak didaftarkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 4 Juli 2019 yang dibuat oleh Indonesian Center for Environmental Law (ICEL).

Kala itu, tujuh pejabat negara dinilai tidak menanggapi dan membahas tuntutan dari 32 warga negara yang telah mengirimkan notifikasi sejak 5 Desember 2018. 

Dengan penyerahan gugatan pada awal Juli tersebut, tujuh pejabat pemerintahan itu resmi menjadi para Tergugat dan Turut Tergugat dalam perkara ini. 

Dalam proses gugatan warga negara (citizen law suit) atas hak udara bersih ini, majelis hakim terbilang cukup sering memundurkan agenda persidangan pada hari yang telah dijadwalkan.

Tim advokasi meminta hakim untuk berani tegas terhadap pihak-pihak Tergugat. 

"Hakim juga harus tegas kepada pihak-pihak Tergugat yang berupaya menghambat proses hukum ini. Karena beberapa kali mereka juga tidak hadir tanpa alasan yang jelas," tegas Ayu Eza Tiara dari LBH Jakarta.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00