Tumpak Panggabean : Sesuai UU, Dewas Tak Mempersulit, Tapi Menjaga KPK

KBRN, Jakarta : Ketua Dewan Pengawas (Dewas) KPK Tumpak Panggabean bersama dengan 4 orang Anggota Dewas lainnya telah melakukan konpers terkait dengan tugas pokok dari Dewan Pengawas KPK. Dalam keterangannya Tumpak membantah bahwa pihaknya menghambat proses penyidikan yang dilakukan oleh para penyidik KPK.

"Kehadiran dewan pengawas di dalam KPK tidak bermaksud untuk mempersulit atau melemahkan atau menghalangi kinerja KPK, kami berkomitmen bahwa kami mendukung semua apa yang dilaksanakan KPK dengan dasar ketentuan hukum yang ada," ujar Tumpak melalui pantauan Pro 3 RRI dari gedung KPK Jakarta, Selasa (14/01/2020).

Dalam penjelasannya, Tumpak juga menjelaskan berdasarkan UU No 19 tahun 2019, Dewas KPK diberikan tugas melakukan pengawasan, melaksanakan tugas dan wewenang KPK, menyusun dan menetapkan kodek etik kepada pimpinan dan pegawai KPK, menerima pengaduan masyarakat adanya pelanggaran baik kode etik maupun UU, melakukan sidang atau mengadili suatu pelanggaran. 

Selain itu, Tumpak juga mengatakan bahwa Dewan Pengawas KPK juga mempunyai wewenang memberikan izin tertulis terhadap pengeledahan, penyadapan dan penyitaan. (foto: istimewa)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00