Sofyan Basir Bebas, KPK Akan Ajukan Kasasi

KBRN, Jakarta : Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengungkapkan KPK akan segera mengajukan kasasi atas vonis bebas Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta terhadap Sofyan Basir. 

"Ya kemarin sudah, hanya berapa jam setelah putusan itu kita akan berkumpul semua kita putuskan kita akan melakukan kasasi. Tinggal nunggu putusannya saja, kita pelajari," jelasnya kepada RRI, Selasa (5/11/2019).

Menurutnya dalam dunia hukum semua harus melakukan check and balance. Hukum harus ditegakkan seadil-adilnya sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Yang paling penting adalah bagaimana kita bisa menegakkan hukum dengan seperti apa yang diamanahkan kriminalisasi sistem kita," katanya.

Ia mengatakan dirinya tidak ingin membeberkan terlebih dahulu apa saja yang akan menjadi bahan ketika di peradilan nanti.

"Perdebatannya kalau kita bicara formil materilnya kan inspeknya tidak di media, karena nanti akan jadi polemik. Jadi segala sesuatu yang dianggap pro dan kontra disini tempatnya itu di meja peradilan itu sendiri," tutupnya.

Sebelumnya, KPK mempertimbangkan mengajukan kasasi pasca putusan bebas Sofyan oleh Majelis Hakim pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin.

"Dalam konteks kali ini, selain mempelajari lebih lanjut kemudian Jaksa Penuntut Umum (JPU) memberikan rekomendasi kepada pimpinan, alternatif lamgkah-langkah upaya hukum yang bisa dilakukan selain dari proses itu, tentu ada kasasi," ucap Juru Bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta, Senin (4/11/2019).

Diketahui, Sofyan divonis bebas dari semua dakwaan jaksa penuntut umum KPK dalam perkara dugaan pembantuan kesepakatan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mulut Tambang Riau-1 (PLTU MT Riau-1).

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00